Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MERDEKA ITU .........

 APA YANG ADA DI BENAK KALIAN TENTANG KATA "MERDEKA"


Apakah kata merdeka itu hanya sebatas tentang bangsa indonesia yang tidak lagi dijajah ? 
apa tidak ada makna lain ? yuk coba kita renungkan. semoga semua sepakat bahwa merdeka itu bukan hanya tentang bangsa kita yang bebas dari penjajahan lagi. merdeka itu memiliki makna yang sangat luar.

Merdeka itu ketika kita mampu bersyukur dengan apa yang kita miliki
Merdeka itu ketika kita bahagia dengan keluarga yang utuh
Merdeka itu ketika bisa melihat anak tumbuh besar di lingkungan yang baik.
itulah kata MERDEKA buat ku.

Merdeka ketika kita mampu bersyukur dengan apa yang kita miliki.





Why ? karena dengan bersyukur itu kita memang akan menjadi orang yang bahagia. bukan kah jika kita membandingkan apa yang orang lain miliki akan membuat kita menjadi tidak bahagia dengan apa yang kita miliki ??????? jangan sampai kita kufur dengan nikmat yang sangat banyak ini yang sudah Allah berikan kepada kita. ? 


contoh yang biasa tak kita gurbris adalah bukankah memiliki tubuh yang sempurna ini juga adalah sebuah kenikmatan yang sangat perlu kita syukuri ?  bukankah bisa menghirup udara pagi yang sejuk bebas polusi itu juga perlu kita syukuri ? bukankah bisa menikmati kehangatan mentari pagi pun sangat nikmat dan perlu di syukuri. 

aku sendiri seperti tertampar sendiri ketika anakku sakit Pnumonia ( radang paru ) sering sekali batuk dan harus pakai alat bantu oksigen utuh memudahkan nafasnya. dan salah satu perawatan yang dilakukan adalah dengan menyinarinya menggunakan sinar infrared. 

apa tuh sinar infrared ? sinar yang manfaatnya sama seperti sinar matahari pagi. yaaaaa di rumah sakit kita harus membayar untuk 1x penyinaran itu sampe ratusan ribu. sedangkan Allah memberikan sinar matahari pagi hanya dengan cuma-cuma kepada kita. 

dari satu kasus itu aja aku merasa harus banyak-banyak berterima kasih dan bersyukur kepada Allah. untuk sekarang melihat keluarga sehat. anak happy ceria tiap harinya udah bersyukur banget deh. gak mau aku muluk-muluk lagi melihat yang orang miliki dan aku tidak.



Merdeka itu ketika kita bahagia dengan keluarga yang utuh



ingat kasus tsunami yang terjadi di selat banten 2012 lalu  ?  grup band seventeen sedang konser di tanjung lesung ketika itu. tiba-tiba arus pasang mendadak muncul dan seketika itu tsunami pun muncul.    tidak sedikit yang menjadi korban dari kejadian itu. begitupun dengan istri dari ifan vokalis band seventeen. 

semua orang pasti tidak akan menyangka seorang yang masih muda itu akan allah ambil dengan cepat. sebagai seorang suami pasti sangat berat dengan ujian besar itu. aku pun ketika itu jadi merasa dan membayangkan hal itu bila terjadi kepada aku. apa yang kita-kira akan terjadi sama aku ? sedih banget rasanya. 

itulah mengapa kini. keluarga kita yang masih utuh dan kita bisa bersama. berbahagialah dengan keluarga kita. kita habiskan waktu dan kebersamaan kita dengan keluarga kita. apalagi sekarang lagi libur panjang agustusan ya. banyak sekali hiburan yang bisa kita buat meski hanya dirumah saja.
aku pun malam ini rencananya mau bakar-bakar ikan ngumpul bareng keluarga. pasti seru banget.


Merdeka itu ketika bisa melihat anak tumbuh besar di lingkungan yang baik.



mendidik anak menjadi orang yang baik tentu menjadi tanggungjawab kita sebagai orangtua. anak adalah amanah dan titipan yang sewaktu-waktu akan diambil dan apa yang kita lakukan terhadap anak kita pun pasti akan dimintai  tanggung jawabnya. Apa yang sudah kita lakukan untuk anak kita ? 

Apakah kita sudah memberikan pendidikan terbaik untuk anak kita ? pendidikan yang baik bukan hanya tentang sekolah favorit ataupun sekolah mahal ya. pendidikan baik dalam rumah sebagai sekolah anak. apakah sudah terealisasi ? apakah kita sudah menanamkan nila-nilai dan budi luhur kepada anak kita ? pelajaran yang tidak diajarkan di sekolah dan hanya didapatkan dari rumah.

Lingkungan pun sebenarnya sangat berpengaruh dalam membentuk suatu kepribadian seseorang. itulah mengapa merdeka versi aku adalah ketika bisa melihat anak tumbuh dewasa dalam lingkungan yang.baik.

Nilailah seseorang itu dengan siapa dia berteman.

itulah merdeka versi aku sebagai orang tua. kalian pun pasti punya makna kemerdekaan versi kalian sendiri kan. 

Meski biasanya 17an ini identik dengan lomba-lomba ya. Karena selarang lagi korona kita gak bisa lagi melakulan itu. Tapi oh kita masih bisa kok ngadain lomba secara daring. beberapa pilihan lomba yang bisa kita lakukan bisa kalian cek disini.

yuk berbagi cerita tentang makna kemerdekaan versi kalian di kolom komentar. semoga kita semua bisa menjadi orang-orang yang selalu merdeka dalam hidup kita.


*artikel ini diikut sertakan minggu tema komunitas Indonesia content creator* )


chairina bawazir
chairina bawazir Assalamu'alaikum Hello everyone ! Aku rina. Ibu 2 anak yang hobi berbagi cerita dan sharing seputar pengalaman.

9 komentar untuk "MERDEKA ITU ........."

  1. Karena kemerdekaan itu memang bukan berarti kebebasan sepenuhnya, ya. Tetap ada tanggung jawab yang mengikuti, apalagi kalau sudah bicara tentang pendidikan untuk anak-anak.

    BalasHapus
  2. Merdeka itu, kayak puisi aku yang judulnya "Kemerdekaan yang Haqiqi" :D

    Tapi bener sih mbak Rin, merdeka itu bukan hanya pejuang yang melawan penjajah di zaman dulu. Tapi merasa merdeka melihat kebahagiaan yang ada di sekeliling kita :D

    BalasHapus
  3. Merdeka itu bener sih mbak harus banyak bersyukur ya. Walau ku merasa merdeka di masa pandemi ini beda banget tapi tetap harus bersyukur karena bisa berkumpul sama keluarga yang utuh dan cukup makan

    BalasHapus
  4. Allaaah.. Semoga senantiasa dikuatkan ya Mbak sekeluarga. Nikmat yg sering abai ya. Menikmati berbsgai macam hal2 gratis yg ternyata mahal kalo perlu beli.

    BalasHapus
  5. Bener banget mbak, merdeka itu harus banyak bersyukur. Apalagi di masa pandemi seperti ini. Harus banyak bersyukur biar gak terkungkung

    BalasHapus
  6. Iya, bener banget tuh mbak, kalo kita selalu bersyukur maka kita akan selalu bahagia. Sederhana saja, di momen hari kemerdekaan mari kita bersyukur :)

    BalasHapus
  7. Semoga kita semua bisa segera merdeka dari covid 19 dan keresahan2 lainnya di negeri ini

    BalasHapus
  8. Kak Rina tulisannya related banget sama apa yang dialami banyak orang sekarang. Tapi kembali lagi ya mba, takdir baik atau buruk harus tetep selalu bersyukur

    BalasHapus
  9. Semoga kita semua bisa memaknai dan mensyukuri kemerdekaan kita ya...thanks for sharing, mba

    BalasHapus

Berlangganan via Email