Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MENGENAL 7 KECERDASAN PADA ANAK.




SETIAP ANAK ITU MEMILIKI KEUNIKANNYA SENDIRI.

itulah kata yang tidak asing lagi di telinga kita. setiap anak memiliki keahliannya sendiri. 

"mah, ini hasil ujian matematikaku." ucap sang anak sambil menyodorkan kertas hasil ujiannya.
" kok hasilnya begini terus sih, kan kamu udah mamah ajarin berkali-kali. kenapa masih dapatt hasil yang jelek kaya gini ?"  tanya mamah sambil membentaknya.

kira-kira apa yang akan dirasakan oleh sang anak ? apakah hatinya akan sedih ? apakah ia merasa dilukai ? tanggapan yang seperti apa yang seharusnya diberikan oleh sang mamah ? 

bila seorang ibu mengerti akan keunikan tiap anak, bila sang ibu mengerti bahwa anak yang pandai itu bukan selalu anak yang mendapatkan hasil ujian yang memuaskan. dia tentu tidak akan memarahi sang anak hanya karena mendapatkan nilai yang tidak memuaskan. 

tiap anak itu punya keahliannya di bidang masing-masing. dan kita sebagai orang tua harus pandai menggali potensi, minat dan bakat yang dimiliki oleh anak kita. anak yang pandai di akademis belum tentu pandai dalam bersosialisasi ataupun di bidang olahraga.

begitupun sebaliknya, bisa jadi dalam hal akademisi sang anak kurang pandai, tapi dia merupakan anak yang pandai dalam bersosialisasi. tapi, bukan berarti kita tidak mengajarkan juga kepada anak tentang apa yang belum ia kuasai. sebisa mungkin kita mengajari anak kita semua hal baik.

menurut Dr.Howard Gardner, ia adalah seorang pencetus multiple intelligencies merumuskan bahwa kecerdasan pad anak itu memiliki 7 tipe kecerdasan. selain dari kecerdasan intelektual yang biasa jadi patokan seseorang melihat kecerdasan.

7 kecerdasan itu adalah :  

  1. kecerdasan fisikal. kecerdasan yang berhubungan dengan fisik. seperti pandai berolahraga dan menari. 
  2. kecerdasan interpersonal.  kecerdasan ini biasa membuat orang itu mudah sekali memahami perasaan orang lain. peka terhadap lingkungannya.
  3. kecerdasan verbal. kecerdasan yang berhubungan dengan kepandaian berkata-kata. pandai berpidato atau pun bercerita.
  4. kecerdasan sosial. kecerdasan yang berhubungan dengan sosial. seperti orang yang mudah bergaul. pandai mencari teman. dan mudah diterima di lingkungannya.
  5. kecerdasan musikal. orang yang memiliki kecerdasan ini pandai dalam memainkan musik. pandai menyanyi dan yang berhubungan dengan seni musik.
  6. kecerdasan spiritual. orang yang memiliki kecerdasan ini cenderung bijaksana dan orangnya lebih religius.
  7. kecerdasan logikal.
Dari ketujuh kecerdasan ini. terkadang setiap orang pasti menonjol di salah satunya. tidak banyak yang menonjol dari ke tujuh kecerdasan ini. bukan berarti tidak ada juga.


seekor sapi, ayam, kerbau ataupun hewan lainnya. ketika baru dilahirkan mereka memang langsung bisa berdiri dan mencari makanannya sendiri. hewan tersebut memang mandiri.

berbeda dengan sang bayi yang ketika dilahirkan ia hanya bisa menangis sebagai respon sebagai tanda ada sesuatu yang ia butuhkan dan rasakan. dan kita sebagai orang tua yang harus peka mengartikan tangisan sang bayi.

apakah ia menangis karena lapar, popoknya ingin di ganti, ataupun karena mengantuk. sang ibu lah yang mengerti dan memahami itu. 
seorang anak yang baru dilahirkan bagaikan selembar kertas putih.

itulah gambaran umumnya. kertas putih yang siap untuk di warnai dan di bentuk seperti apapun bisa. kitalah sebagai orang tuanya yang akan membentuk dan mewarnai itu. dengan apa ?  apakah kita akan membentuk anak yang berperilaku baik dan mandiri ? atau sebaliknya. semuanya tergantung kita. 

sebagai orangtua kita memiliki tanggung jawab yang besar bukan hanya membesarkan fisiknya saja. tapi juga kebutuhan lainnya. kita adalah sekolah pertama anak kita. dari rumah kita bentuk kepribadian anak kita. 
chairina bawazir
chairina bawazir Assalamu'alaikum Hello everyone ! Aku rina. Ibu 2 anak yang hobi berbagi cerita dan sharing seputar pengalaman.

11 komentar untuk "MENGENAL 7 KECERDASAN PADA ANAK."

  1. yang menjadikan anak-anak itu selalu istimewa adalah adanya 7 kecerdasan ini ya mba

    BalasHapus
  2. ilmu baru lagi nih buat aku. jadi mengenal tentang kecerdasan anak.

    BalasHapus
  3. Sekarang kalau nggak salah ada 8 kecerdasan menurut Gardner ya mbak? Tambahannya kecerdasan naturalis. Benar nih mbak kalau setiap anak itu berbeda.

    BalasHapus
  4. aku malah taunya ada 9 kecerdasan anak kak.. yang 7 kecerdasan ini baru tau, makasih kak udah sharing ya

    BalasHapus
  5. Padahal setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda ya mbak, tapi memang sih aku juga masih sambil belajar. Dan aku banyak menggali apa yang disukai anakku.

    BalasHapus
  6. Ilmu baru nih mbk buat aku, jadi lebih tahu kecerdasan buat anak, thanks udah sharing mbak :)

    BalasHapus
  7. Bener banget nih mbak, setiap anak itu special dan punya kecerdasan berbeda-beda. Alhamdulillah sih ortuku udah paham ini, jadi gak maksain aku dapet nilai bagus di bidang akademik, malah mendukung passionku dari kecil.

    BalasHapus
  8. Betul banget, Mom. Tiap anak punya kecerdasan yang berbeda. Jadi orangtua jangan terlalu memaksakan anak ya.

    BalasHapus
  9. Nah, aku pernah baca pandangan lain juga nih Mom, bahwa anak sesungguhnya sudah membawa fitrah kebaikan jadi tidak benar-benar kosong, tinggal orang tua yang bisa membuat bawaan ini jadi tumbuh dengan baik atau malah memadamkannya... Eh ya tapi kalau pakai istilah putih bersih bener juga sih ya, putih kan artinya kebaikan yang murni, ya.

    BalasHapus
  10. Hallo mbak Chairina,
    salam kenal ya...
    kalau lebih dari 1 yang dominan bisa kah?
    Perlukah orang tua sejak dini untuk mengetahui kecerdasan anak, agar bisa memaksimalkan potensi yang ada?

    BalasHapus
  11. Klo bahas ini aku slalu keinget ibu elly risman, beliau slalu mengingatkan akan hal ini, klo kita sbg orangtua jgn hanya berpatok bahwa anak cerdas otu yg pinter mathnya

    BalasHapus

Berlangganan via Email