Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 TIPS MENJADI PRIBADI YANG IKHLAS DALAM BERUMAH TANGGA.

7 TIPS MENJADI PRIBADI YANG IKHLAS DALAM BERUMAH TANGGA.

Sebenarnya bukan hanya dalam berumah tangga saja kita memerlukan keikhlas. Dalam kehidupan sehari-hari pun ikhlas sebenarnya saling bersamaan. 

Dalam hidup tentu kita tidak lepas dari yang namanya rasa kecewa, rasa di sakiti, atau bahkan di khianati. Baik oleh teman maupun pasangan. Bahkan saudara pun terkadang. Kok kaya jadi curhat ya. Hahaha. 

Ini hanya yang sering terjadi dan aku tau di kehidupan nyata. memang kebanyakan seperti itu kan. 

Itulah mengapa kita harus menanamkan *ikhlas* dihati kita seluas-luasnya. Agar bisa menerima semua kenyataan. Semua musibah, semua cobaan yang menimpa kita.

Seperti keadaan yang menimpa di seluruh dunia. Musibah yang kita alami ini tentulah juga perlu keikhlasan. setiap orang punya ceritanya masing-masing dengan musibah ini. 

Apa itu ikhlas ? 

Makna ikhlas itu luas sekali. Dengan arti besar yang memang sama. Yaitu " berserah atau berpasrah diri dengan semua yang sudah di tetapkan oleh Allah."

ikhlas untuk seorang muslim itu seperti senjata dan salah satu obat untuk untuk menjalani kehidupan kita.

Sepenting Apa sih ikhlas dalam rumah tangga ? 

Dalam menjalani rumah tangga, tentu tidaklah sama dengan sinetron-sinetron di televisi atau seindah di drama korea. Ya kan ?

Dalam rumah tangga pasti aja akan ada batu ujian dan masalah-masalah yang perlu kita hadapi.

Memang kita tidak membuat masalah itu, tapi masalah terkadang ada aja. Bisa bermula dari tetangga sebelah, atau dari omongan orang lain yang membuat masalah dalam rumah tangga kita.

Sumber masalah itulah yang perlu kita waspadai dan perlu pandai dalam menyelesaikannya. 

Dengan adanya masalah bukan hanya membuat kita menjadi tak berdaya. Dengan masalah justru bisa membuat diri kita menjadi pribadi yang lebih kuat.

Yakinlah bahwa setiap orang pasti memiliki masalahnya masing-masing. Dan mereka termasuk kita mampun untuk menyelesaikan masalah tersebut. 

Tidaklah Allah memberikan ujian melebihi kesanggupan hambanya.

Denga mengingat kutipan di atas akan membuat kita optimis dalam menjalani kehidupan ini.

Dengan adanya masalah juga dapat mempererat hubungan kita dengan suami kita. Jadi semangat selalu untuk menjalani semua rintangan dalam hidup kita.

7 Tips menJadi pribadi ikhlas.

Ini nih yang masih menjadi PR  aku juga. Karena memang berbicara dan menulis itu lebih mudah di banding melakukannya langsung ya.

Tapi kalau ada niat dan kemauan. Apapun itu kita pasti bisa. Tips ini aku rangkum dari buku " Sakinah, Mawaddah, Wa Rahmah. Karya Abdul Syukur al-Azizi. 

Buku pegangan wajib suami istri agar menjadi keluarga yang sesuai dengan judul bukunya ya. 

  1. Selalu melakukan sesuatu ( amal kebaikan ) dengan niat yang tulus untuk ibadah. Bukan karena ingin pamer, ingin di lihat orang, ingin di puji ataupun di sanjung. 
  2. Menjauhkan hal-hal yang di haramkan oleh Allah dengan niat yang bersih. Bukan karena dengan niat lain. Seperti takut minum yang memabukan karena takut di tangkap polisi.
  3. Menghormati orang lain dengan tulus. Bukan seperti kebanyakan di lakukan dalam dunia kerja. Menghormati hanya karena melihat kedudukan sosial seseorang.
  4. Membantu orang lain dengan niat tulus membantu. Bukan dengan niat dan harapan balas jasa. 
  5. Tidak mengingat-ngingat amal kebaikan yang sudah kita lakukan. Karena akan mengurangi nilai ibadah sekaligus keikhlasan kita. Bukankah Allah tidak pernah luput mencatat semua apapun yang kita lakukan ? Bahkan yang orang tidak lihat pun.
  6. Menjadikan semua kebaikan kita sebagai dorongan untuk kita selalu berbuat baik.
  7. Bersyukur dan ikhlas akan semua ketetapan yang sudah Allah berikan dalam rumah tangga kita. 
Poin 7 ini menurutku sangat-sangat penting. Karena dengan ikhlas dan syukur akan membuat hidup kita lebih bahagia.

Misal rumah tangga yang belum juga di karunia anak padahal sudah bertahun-tahun. Untuk sebagian rumah tangga ini bisa menjadi masalah. 

Tapi ketika suami istri memiliki rasa syukur dan ikhlas. Mereka akan lebih legowo dan bisa menerima. Karena kenikmatan itu bukan hanya sekedar di karunia seorang anak. 

Memiliki keluarga yang bahagia juga nikmat, punya keluarga yang sehat juga nikmat, punya suami yang bisa menerima kita apa adanya pun itu suatu nikmat. 

Semoga kita semua bisa menjadi pribadi yang memiliki kelapangan ikhlas dalam hati yang sangat luas. 

Doa terbaik juga untuk yang sedang merencanakan dan berusaha untuk memiliki anak. InsyaAllah usaha tidak akan mengkhianati hasil. 

Sharing pengalaman yuk di kolom komentar, semoga bisa menjadi ladang kebaikan kita juga untuk yang lain. Aamiin


chairina bawazir
chairina bawazir Assalamu'alaikum Hello everyone ! Aku rina. Ibu 2 anak yang hobi berbagi cerita dan sharing seputar pengalaman.

19 komentar untuk "7 TIPS MENJADI PRIBADI YANG IKHLAS DALAM BERUMAH TANGGA."

  1. "Semoga kita semua bisa menjadi pribadi yang memiliki kelapangan ikhlas dalam hati yang sangat luas." aamiin, Mbak.
    Terima kasih udah menulis ini. Berasa langsung diingatkan

    BalasHapus
  2. Langsung ngena banget mba Rin.. Semoga kita jadi pribadi yg ikhlas dalam menjalani kehidupan ya

    BalasHapus
  3. memang kadang sulit untuk bisa ikhlas ya mbak. tapi kalo mikirin hasilnya Insya Allah kita bakal banyak dapet kebaikan.

    BalasHapus
  4. Waah mbaa aku juga tujuh tahun nih belum bisa punya anak. Alhamdulillah, kami sekarang sudah ada putri kecil meskipun ngga lahir dari rahimku sendiri. Mudah-mudahan kita senantiasa diberi keikhlasan yaaa mba Rina. aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya allah ka jihan, semangat ya. Jadi sedih kalo baca ini terus pas lagi habis emosi sama anak, merasa kurang bersyukur 😭

      Hapus
  5. practice make progress mbak, itu kata senior saya. terus berlatih ya insyaAllah pasti akan ada kemajuannya...aku juga sering kepleset2 msalah ikhlas ini..bener2 skill life sepanjang masa

    BalasHapus
  6. Memang ikhlas itu mudah di ucapkan ya kak tapi ngejalaninnya masya Allah beratnya tapi jika bisa, nikmat nya luar biasa😊 semoga kita tergolong orang yang ikhlas dan sbar yaaa kak

    BalasHapus
  7. Ah iya mba...rumah tangga memang banyak masalahnya ya. Naik turun, kadang happy kadang nggak. Paling susah memang untuk ikhlas menerima semua. Thanks for sharing mba :)

    BalasHapus
  8. Akan lebih mudah lagi untuk ikhlas kalo pasangan kita sevisi misi ya kak sama kita. Jadi ketika ditimpa masalah bisa saling ngingetin untuk ikhlas

    BalasHapus
  9. semoga kita semua bisa selalu menjadi pribadi yang ikhlas ya kak. aamiin. makasih udah share tips nya , layak di coba :)

    BalasHapus
  10. Mengingat-ingat kebaikan untuk diulangi atau ditingkatkan lagi gpp, tapi kalau sampai diingat dengan maksud pamrih walaupun terselubung, walaupun mungkin ekspektasinya hanya setipis pasangan merespon hal yang sama, memang sebaiknya dihindari ya. Soalnya kalau udah begitu risikonya antara (a) itung-itungan, merasa berkorban sendirian atau (b) bisa jadi kecewa karena berharapnya sama manusia. Ini pengingat juga buat diri saya sendiri sih, Mbak.. terima kasih yaa sudah mengangkat topik ini.

    BalasHapus
  11. Syukur dan ikhlas memang dua hal yang harus selalu diulang2 dalam kehidupan ya teh :"

    BalasHapus
  12. "punya suami yang bisa menerima kita apa adanya pun itu suatu nikmat." Terima kasih Mbak remindernya. Betul sekali soal ini. Banyak hal-hal yang kita tidak perhatikan namun ternyata itu nikmat luar biasa. Jadi bisa lebih ikhlas dan syukur

    BalasHapus
  13. Remindernya mba' 😊 jazakillah khoir, semoga Allah mudahkan kita menjadi org yg selalu bersyukur & ikhlas. . Amiin

    BalasHapus
  14. Smoga Allah mampukan kita menjalani 7tipsnya ya mba, krna ikhlas tak semudah menghafal surahnya

    BalasHapus
  15. masya allah, jazakillah tips2 nya mbak πŸ’›πŸ’›

    BalasHapus
  16. Ikhlas amalan sepanjang hidup, semoga bisa terus Ikhlas dalam keadaan apapun. Makasih Mba, Bermanfaat sekali..

    BalasHapus
  17. Bersyukur dan ikhlas adalah dua hal yang penting. Terimakasih atas sharingnya mba

    BalasHapus
  18. MasyaAllah.. thanks for reminder ❤️

    BalasHapus

Berlangganan via Email