Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PARENTING

APA SIH PARENTING ITU ?

  
 
Setiap orang pasti tidak asing lagi dengan yang namanya parenting. lalu sebenarnya parenting itu apa sih ? secara garis besar parenting adalah salah satu pola pengasuhan dan pola mendidik anak. konsep simpelnya seperti itu. 
    
    Menurut kementrian pendidikan dan kebudayaan republik indonesia, parenting diartikan sebagai suatu interaksi yang terjadi antara orang tua dengan anak-anak dengan tujuan perkembangan fisik, emosi, intelektual, dan spiritual. parenting terjadi saat anak masih dalam kandungan sampai anak tubuh dewasa. sedangkan menurut APA ( American psychological Association ), suatu pola pengasuhan anak oleh orang dewasa ( tidak terbatas dengan hubungan biologis ) yang memiliki 3 tujuan utama :
  1. memastikan anak selalu dalam keadaan sehat dan aman
  2. mempersiapkan anak untuk tumbuh dewasa dan produktif
  3. menurunkan nilai-nilai budaya.
  
 
dari penjelasan diatas dapat kita lihat ya betapa pentingnya ilmu parenting ini kita pelajari guna mendidik anak-anak kita kelak menjadi anak yang tumbuh sebagaimana mestinya. ilmu parenting ini penting untuk kita pelajari. bukan sekedar orang tua saja yang akan memiliki anak. tapi, untuk setiap wanita menurutku wajib belajar ilmu parenting. sebelum kita menikah dan memiliki anak. baiknya kita sudah belajar ilmu parenting.

    ilmu parenting ini tidak bisa kita pukul rata ilmunya untuk semua anak. tiap anak itu pasti berbeda dan unik. dari situlah ilmu parentingnya harus kita sesuaikan dengan kebutuhan anak kita. anak laki dan anak perempuan tentu beda cara pengasuhannya. begitupun anak dan baby pasti beda juga pola asuhnya. jadi kita perlu pelajari parenting anak sesuai dengan kebutuhannya.


PARENTING ISLAMI.


    Parenting Islami adalah parenting yang sesuai dengan ajaran Al-quran dan sunnah. ilmu parenting yang berlandaskan cara islami ini bisa kita ambil contoh dari bagaimana orang-orang terdahulu mendidik anak-anaknya. bagaimana rosulullah dan para sahabatnya mendidik buah hati mereka. banyak sekali buku bertebaran yang bisa kita pelajari. 

    mendidik anak bukan hanya sekedar memenuhi kebutuhan fisik mereka saya. bukan hanya sekedar anak terpenuhi semua kebutuhan lahirnya saja. bukan hanya sekedar anak bahagia bisa makan enak dan bisa main di tempat yang mereka suka. lebih dari itu, kita harus mendidik kepribadian nya, tata krama dan ilmu yang didapatnya pun perlu kita perhatikan.

    kita harus bisa mengupayakan pendidikan yang terbaik untuk anak-anak kita. karena semua akan diminta pertanggungjawabannya di akhirat kelak. ketika kita sibuk bekerja di luar, bukan salah bila kita mendedikasikan pengasuhan sementara kepada neneknya ataupun mba yang bekerja di rumah. tapi, bukan berarti kita melepas begitu saja anak kita. bukan berarti kita tidak memperdulikan kelakuan anak kita. kita sebagai orang tua tetap harus memantau tumbuh kembang anak kita.

    Aku pribadi termasuk orang yang terlambat dalam mempelajari ilmu parenting ini. semua aku pelajari setelah aku memiliki anak. sebelumnya aku tidak pernah tertarik dan tidak pernah hirau dengan dunia parenting ini. ternyata setelah memiliki anak aku merasa sekali minimnya ilmu parentingnya. dan membuat kurang optimal dalam proses pengasuhan. lebih banyak tidak tahunya. 

    sekarang memang semua lebih mudah dengan adanya internet. kita bisa memanfaatkannya untuk banyak belajar lagi.  





chairina bawazir
chairina bawazir Assalamu'alaikum Hello everyone welcome to my Blog, hope you like it. for me sharing is my happiness

2 komentar untuk "PARENTING"

  1. parenting itu luas sekali ya. semoga suatu saat aku bisa merasakan untuk menjadi orangtua

    BalasHapus
  2. Ilmu parenting itu masya Allah ya mba, memang banyak teoritis tp harus sejalan dg realitasnya

    BalasHapus

Berlangganan via Email