Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

APA SIH PERBEDAAN TOILET TRAINING UNTUK ANAK PERTAMA DAN KEDUA ?

Assalamu alaikum sahabat .... semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia ya.
kenapa sih aku repot - repot ngebahas toilet training lagi ? emang apa bedanya sama artikel-artikel sebelumnya ? jadi..... gini ceritanya !

artikel kali ini jadi sesi berbagi pengalaman seputar toilet training anak kedua ya. tanggal 18 juli kemarin abang anak kedua yang mulai aku latih toilet training di usianya 3 tahun 2 bulan. dengan pertimbangan dia sudah jelas bicara kalau ingin buang air. dan juga berat badannya yang cukup berisi 21 Kg di usia 3 tahun. kakaknya saja sekarang 4,5 tahun berat badannya 16.5 Kg. jadi untuk membeli popok ukurannya harus yang XXXL. kalau pake yang XXL sudah sempit. Abang mudah berkeringat membuat dia itu gampang terkena ruam popok karena lembab. dan moms pasti tau nya harga popok lumayan makin besar sizenya makin mahal pula. hahaha #NiatBerhemat. dan sejujurnya lebih boros untuk menggunakan pospak itu. sehari bisa 3-5x ganti boros. 

kalau ada yang bilang kenapa gak pake clodi aja moms ? kan lebih hemat dan aman juga untuk anak ? aku jawabnya. karena size nya kecil semua. punya kakaknya banyak banget tapi gak ada satu pun yang muat. akhirnya berinisatiplah aku mencari cari produk sejenis clodi yang muat untuk abang. ternyata ada meski agak ngepas juga. tapi setidaknya masih bisa di pakai. Clodiz namanya.

Apa sih bedanya anak pertama dan kedua dalam toilet training ?
  1. Lebih Santai. yaaa lebih santai untuk mulai melatih anak kedua toilet training. karena sudah punya pengalaman.
  2. Peralatan tempur Minim. untuk anak kedua ini aku hanya membeli Clodiz untuk memulai anak toilet training. berbeda dengan anak kedua yang sampai bikin kamar mandi dikamar yang ada WC duduknya biar kakak lebih nyaman kalau mau buang air malam-malam.
  3. Kesabaran lebih teruji. karena zaman si kakak yang belajar toilet training saat usianya 3,5 tahun dia sudah duduk di TK A. dan di TK A itu masuk dari jam 08.00 - 12.00 jadi setengah harinya ada di sekolah bisa membuat aku lebih santai gak perlu bingung mikirinnya. kalau sekarang lagi pandemi gini full dirumah jadi beneran 24 jma aku sendiri yang ngurusin. bala bantuan terkadang ada saat ayahnya pulang kerja.
  4. Toilet training kali ini aku sebagai ibu agak sedikit memaksa untuk mau. meski si anak awalnya mau terus minta pake popok lagi alias masih setengah hati kali ya. hahaha tapi tetap aku paksa dengan niat ntar pas masuk PG dia sudah terbiasa tidak pakai popok. 
  5. Win-win solution. anak nyaman tanpa popok. ibu aman Pengeluaran bulanan popok bisa di alihkan untuk keperluan lainnya.

Kenapa Harus Clodiz ?

Sejujurnya aku cukup lama mencari produk clodi untuk big size ini tapi belum nemu sampai sekarang merek lainnya. jadi aku putuskan untuk memakai Clodiz. FYI aku tidak di endorse sama sekali ya. aku sharing karena barangkali ada yang punya problem kaya aku. Aku belinya di Shopee 100.000 dapat 3 Pcs. Sizenya variatif tidak hanya XXL saja karena aku tinggal di Tangerang jadi nyari Produk yang dijual di tangerang juga jadi lebih cepat sampai barangnya. kalau moms butuh juga bisa cek di Sini. Menurutku clodiz cukup nyaman di pakai untuk anak ku. harga standar seperti pada umumnya clodi dengan model sejenis.



Meski abang lebih cepat berlatih Toilet training dibanding Kakaknya dulu. beberapa kali ada drama dan adegan lucu juga dalam melatih anak. seperti BAK di celana dan cerita lainnya yang pasti para moms tau juga kalau ngelatih sendiri. kadang kalau sabarnya hilang suka agak keceplosan juga kan anak kesemprot omelan emaknya. meski endingnya minta maaf juga dan selalu sounding ke anak yang baik-baik untuk bilang kalau ingin buang air.

Buat para Moms yang lagi berjuang kembali seperti aku di Fase ini. tetap semangat banyakin stok sabarnya. hehe Moms gak sendirian dan ini semua tidak akan berlarut. sebentar lagi masuk 2 minggu aku melatih abang toilet training dan sepertinya mau lulus dari drama ini. 



chairina bawazir
chairina bawazir Assalamu'alaikum Hello everyone ! Aku rina. Ibu 2 anak yang hobi berbagi cerita dan sharing seputar pengalaman.

14 komentar untuk "APA SIH PERBEDAAN TOILET TRAINING UNTUK ANAK PERTAMA DAN KEDUA ?"

  1. Wah klodiz variasi ukurannya banyak ya, boleh nih buat keponakanku yang masih potty training 😀

    BalasHapus
  2. menarik banget nih bisa jadi pengetahuan dan referensi buat aku kalo someday udah punya anak hehe

    BalasHapus
  3. waaaahhh referensi bagus nih, aku baru mau nyoba toilet training anakku 2 tahun 4 bulan, tp masih ragu hehehe

    BalasHapus
  4. Jadi inget pengalaman toilet training anak pertama. Habis mandi 2 jam kemudian ajak pipis, sampe toilet Gak mau. 10 menit kemudian pipis diruang TV 🙈

    BalasHapus
  5. Aku juga pengen segera toilet training anakku nih, nanti segera setelah ia siap. Kalau baca-baca dari pengalaman orang lain, kayaknya lumayan menguras emosi dan tenaga ya, hehe bismillah semoga nanti dilancarkan.

    BalasHapus
  6. Anakku ada clodi tapi sekarang jarang dipakai. Soalnya kan dia udah mulai jalan. Clodinya yang model popok, jadi susah pakainya. Artikel ini bermanfaat banget Mbak, buat aku yg anaknya mau toilet training

    BalasHapus
  7. Dapat ilmu jadi seorang ibu nih, eheheh aku belum ada anak mba, tapi penting banget belajar juga beginian. DUlu ibuk juga toilet training adik juga kadang aku suka ngamatin gitu.

    BalasHapus
  8. Aku anak pertama dan kedua juga berbeda. Mereka toilet training diusia 2 tahun. tapi dengan cara yang berbeda dan hasilnya ternyata memang berbeda. Kesiapan anak-anak ternyata memang muncul secara alamiah

    BalasHapus
  9. Memang ya kak, mengurusi anak kedua jauh lebih santai dari anak pertama. Aku lihat pengalaman dari kakakku. Pas anak pertama semua sudah di prepare. Pas mau lahiran anak ke-dua santai aja bahkan ngga prepare seperti lahiran anak pertama

    BalasHapus
  10. I feel you Mbak. Aku TT anakku bulan Maret, beberapa hari sebelum pandemi. Qadarallah pandemi, jadi ngerasa AHA moment. Alhamdulillah udah berhasil. Menurutku. XD

    Pengen share d blog belum jadi nih her baru d IGs aja

    BalasHapus
  11. Semangat ya mom. Informasinya sangat menarik banget mom, bagus jadi referensi untukku yang sebentar lagi jadi mom juga hehehe. Harganya terjangkau ya mom. Memang benar sih, kita harus bisa melatih anak agar terbiasa ke toilet, selain bisa hemat. Bisa mandiri juga dia

    BalasHapus
  12. Tahu merek Klodiz ini kalau enggak salah waktu anak keduaku udah hampir beres toilet training-nya, jadi enggak sempat nyobain deh. Setahuku Klodiz juga bikin jenis produk clodi buat bayi bahkan newborn kok, Mbak. Bahkan popok manula juga ada.

    BalasHapus
  13. Karena anakku cuma 1 dan aku belajar toilet training dari teman-temanku yang sudah memiliki anak. Emang awalnya PR banget tapi memang lama-lama karena biasa dia juga jadi lebih disiplin urusan BAK dan BAB.

    BalasHapus
  14. aku belum sukses toilet training :D pub udah sih, tinggal pipis nya nih, masih suka kelepasan, udah basah baru bilang xD masih proses, semangaat ^^

    BalasHapus

Berlangganan via Email