Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

HIDUP BAHAGIA DENGAN AL-QURAN


Assalamualaikum semua. Alhamdulillah ya kita masih bertahan sampai di penghujung ramadhan ini. Semoga kita bisa terus tetap semangat sampai ramadhan ini selesai. Semangat untuk tetap memcapai semua target kita.

Target besar di mulai dari keinginan dan semangat yang besar pula. Jangan sampai kita memiliki impian yang besar tapi target kita kecil.

Untuk kita, sebagai seorang muslim dan muslimah. dalam menentukan target dan tujuan hidup pastilah perlu punya guide / penunjuk arah.

Yang jadi pertanyaan sekarang adalah apa yang jadi penunjuk arah kita ? Kalian semua pasti tau kan. Yaaaaa Al-Quran.

" Al-Quran adalah penunjuk jalan dan rahmat bagi kita semua. Agar apa ? Agar kita terarah dan tidak tersesat di jalan kehidupan ini. "

Beberapa hari lalu ada pesan masuk di WA grup, dan aku liat ternyata ada kelas zoom yang menjadi pematerinya adalah ka nusaibah azzahra. karena aku tertarik sama ka nusaibah ini. Bergegaslah aku daftar agar bisa ikut sesi zoom itu.

Kalian tau ga siapa ka nusaibah azzahra ? 
Ka nusaibah adalah hafidzoh yang dengan berbagai lika-liku kehidupannya, ia mampu kembali kepada Al-Quran.

Ka nusaibah menulis sebuah novel tentang dirinya. bagaimana kehidupannya penuh rintangan tapi beliau bisa sabar menjalaninya. Buat kalian yang penasaran sama judul bukunya. Aku kasih gambarnya ya.

Aku mau sharing yang aku rangkum dari yang aku dapatkan di kelas zoom bersama ka nusaibah ini. Tentang mengapa hidup butuh Al-Quran.

Siapa dari kita yang tidak ingin hidup bahagia di dunia dan akhirat ? Semua pasti mau ya. Lalu bagaimana cara kita mendapatkan itu ?
Butuh action tentunya. 

Pembuktian cinta kita kepada Allah seperti apa ? cinta itu bukan hanya sekedar berkata-kat saja. Kita harus menunjukannya dengan perbuatan kita.

Sebelum kita menyelami lebih jauh tentang mengapa kita hidup butuh dengan Al-Quran. Aku akan bertanya dulu apa tujuan kita hidup di dunia ini ? Mengapa kita di ciptakan ?

Hal pertama yang perlu kita renungkan dan temukan jawabannya dari pertanyaan di atas. Setelah kita menemukan jawabannya baru lah kita bisa melangkah lagi ke depan. 

Tujuan penciptaan kita adalah seperti yang sudah Allah jabarkan dalam Al-Quran. Adalah untuk beribadah kepada Allah. Dan kita sebagai makhluk sempurna yang Allah jadikan sebagai Khalifah ( pemimpin ).

Kini, kita sudah mengetahui bahwa penciptaan kita ini untuk melakukan ibadah. Ibadah yang bagaimana ? Dan seperti apa ? 
Semuanya sudah di jelaskan juga secara terperinci di dalam Al-Quran dan hadits sebagai penjabarannya.

Itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa kita hidup sangat butuh Al-Qur'an. Ingatlah. Kehidupan ini adalah awal dari kehidupan kita yang sesungguhnya. Kehidupan yang kekal abadi.

Kita ingin memiliki kehidupan yang seperti apa ? Apakah bahagia atau sebaliknya ? Semua tergantung bagaimana perbuatan kita sekarang.

Dunia adalah kehidupan yang fana. Hanya sebentar dan pada akhirnya semua akan kembali. Tidak perlu kita risau dan gusar karena kehidupan kita kini tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan dan harapkan. Karena, kita bisa menentukan kehidupan yang sebenarnya dengan amal kita sekarang.

Jangan sampai kita menjadi orang yang merugi. Di dunia tidak bahagia. Pun sebaliknya di kehidupan kita selanjutnya.

Yuk bersama lakukan amalan-amalan terbaik yang bisa kita lakukan sekarang. Jangan kita menyia-nyiakan waktu yang hanya sebenar ini untuk hal yang tidak bisa memberikan kebaikan untuk kehidupan kita.

Dalam senang dan sedih mulailah selalu membersamai Al-Quran dalam hari-hari kita. Jangan menjadikan sibuk sebagai alasan untuk kita jauh dari Al-Quran. 

Berjalan lah perlahan bila kita terlalu sibuk. Satu hari satu ayat pun tak apa. Asal kita konsisten dalam mendalami Al-Quran.

Sediakan waktu kita min 10 menit untuk mentadaburi ayat-ayat Allah ini. Agar kita merasa dekat dan bahagia dengan Al-Quran.

chairina bawazir
chairina bawazir Assalamu'alaikum Hello everyone ! Aku rina. Ibu 2 anak yang hobi berbagi cerita dan sharing seputar pengalaman.

9 komentar untuk "HIDUP BAHAGIA DENGAN AL-QURAN"

  1. Kadang kita suka lupa, sama hakikat diri. Terkubur urusan dunia dan target. Terkubur rutinitas dan segala macam aktivitas. Me time pun kadang dipakai mengejar yg tertinggal. Sangat penting menyediakan waktu untuk bermuhasabah dan menyegarkan iman agar gak luntur. Dg cara seperti ini salah satunya, sharing postingan pengingat. Makasih mba 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia mba eka sama-sama. semoga kita tidak pernah luput dalam bermuhasabah ya.

      Hapus
  2. Membaca alquran saja buat hati adem banget apalagi menjadikannya pedoman hidup, penasaran pengen baca bukunya

    BalasHapus
  3. Bagus ya materi zoomclassnya. Penasaran sama bukunya mba, itu novel atau non fiksi? Harganya brp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. non fiksi mah. baca buku ini banyak pelajaran banget. harganya aku lupa .

      Hapus
  4. Terima kasih sudah mengingatkan, Mbak. Memang bersama Al-Qur'an hidup kita menjadi lebih tenang ya. Senang sekali bisa tetap belajar mendalami agama di masa seperti ini, kemudahan teknologi memang sangat membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia mba. sekarang seba mudah. tinggal kitanya aja ya. mau atau ngga.

      Hapus

Berlangganan via Email