Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TOILET TRAINING


Hello moms

Gimana hari ini tetap semangat kan 😁
Meski sudah sebulan lebih banyak diem dirumah 🤭

Dokpri

Kali ini aku mau sharing tips toilet training dan pengalaman aku membantu anak pertama ku toilet training.

Melatih anak lepas popok dan toilet training itu menurut ku gampang-gampang susah ya.

Kalau orang zaman dahulu dan orang di desa lebih suka menggunakan popok kainnya. aku bisa bilang begini karena dulu aku punya pengalaman tiap pagi nyuciin popok kain adik ku 1 baskom, lumayan ya olah raga tangan. 🤭

Tapi,Kalau sekarang semua orang suka yang praktis no ribet no lelah yaitu dengan memakai popok sekali pakai.yang ga perlu repot nyuci-nyuci lagi.

Meski faktanya mongabay menyebutkan bahwa popok sekali pakai merupakan penyumbang sampah terbanyak kedua di laut. tapi,tetap saja susah untuk di elakkan.

Artikel lebih lengkapnya tentang bahaya popok sekali pakai bisa moms cek di : https://zerowaste.id/minim-sampah-rumah-tangga/mengurangi-sampah-popok-mengolahnya-menjadi-pupuk/

Setidaknya walau kita tidak bisa berhenti untuk memakaikan anak kita popok sekali pakai,setidaknya kita bisa meminimalisir penggunaannya dan perlahan mulai menyapih anak kita untuk tidak memakainya lagi,atau kita menggunakannya di saat keluar saja.dirumah tidak perlu.masih banyak siasat-siasat lain yang bisa kita gunakan.

Selain memakai popok sekali pakai,masih ada kok alternatif lain yang bisa kita gunakan, yaitu clodi atau training pants, mungkin sebagian kita sudah tau ya, kalo yang belum tau aku kasih contoh gambarnya nih.

Source.Google


Atau juga kita bisa pakai training pants yang pasti aman untuk kulit anak,clodi maupun training pants pernah aku coba keduanya.dan menurut ku lebih nyaman ketika anak pakai training pants.karena bentuknya persis seperti celana biasa,beda dengan clodi yang memiliki insert yang bisa di lepas pasang.


Cuddleme Training pants yang pernah anak ku pakai


Clodi ataupun training pants bisa jadi alat untuk anak belajar mengenal rasa tidak nyaman ketika dia buang air, sehingga dengan rasa itu nantinya kita memberi pelajaran untuk anak kalau sudah terasa mau buang air bisa ke WC.

Dengan training pants ini kita tidak perlu khawatir bocor,karena bisa menampung pipis sampe 2x.


Penggunaan potty seat/ potty training

Untuk mulai mengajari anak buang air di wc,kita bisa menggunakan potty seat.

Ajarin anak secara perlahan jangan di paksa.kalau anak ku,aku tanya dia mau model potty seat yang gimana jadi dia senang dan tertarik untuk digunakan.


Yang perlu di inget tiap anak berbeda. Ketika anak sudah 2 - 3 tahun tapi belum mau lepas popok ya biarkan saja,dengan kita berikan pengenalan dan edukasi secara perlahan.ketika dia mau mencoba dia jadi mau berusaha.dulu aku maksain anak ku untuk toilet training sebelum masuk TK dengan tujuan ntar disekolah dia sudah tidak pakai popok. tapi ternyata paksaan itu hanya percuma, yang ada kita jadi emosi dan gagal.

Tapi ketika anak mulai sekolah TK dan melihat teman-teman sebayanya kebanyakan ga pake popok dia akhirnya bilang sendiri ke aku gak mau mau pakai popok lagi.akhirnya aku mulai mengajari dia perlahan dan ga sampai 1 minggu anak ku berhasil tanpa popok dan tindak khawatir ngompol di malam hari.

Keinginan ini perlu di apresiasi, berikan support pada anak kita,sehingga dia semangat untuk belajar.

Tips dari penjelas ku di atas adalah :
  1. Lakukan latihan saat anak benar-benar siap dan mau untuk di latih toilet training.
  2. Kesabaran dan dukungan penuh orang tua dalam melatih anak,karena 1/2x pasti ada hal yang membuat kita sebel,misalnya lagi asik nonton tiba-tiba anak buang air selain di WC.
  3. Kurangi frekuensi pemakaian popok sekali pakai, misalnya hanya di malam hari.sedangkan di siang hari bisa pakai clodi/training pants.
  4. Baiknya gunakan potty training untuk wc duduk agar anak lebih mudah dan bisa mandiri nantinya.
  5. Awal latihan gunakan popok sekali pakai di malam hari sampai kita yakin anak kita sudah bisa lepas,jangan lupa pakai alas dikasur anak kita.jadi misalkan mereka ngompol kita akan terkena kasur.
  6. Sebelum anak tidur pastikan mereka buang air dulu,untuk meminimalisir terjadi ngompol di malam hari.
  7. Ketika anak berhasil berikan reward atas pencapaiannya

So, buat para moms yang sedang melatih anak toilet training semoga tips ini bisa membantu dan tetap sabar semangat 💪.
chairina bawazir
chairina bawazir Assalamu'alaikum Hello everyone welcome to my Blog, hope you like it. for me sharing is my happiness

12 komentar untuk "TOILET TRAINING"

  1. Memang harus siapin stok sabar yang banyak dan tak pantang menyerang kalau lagi toilet training anak. Saya alhamdulillah sukses dengan menerapkan juga beberapa tips diatas mbak.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, saya latih Bang Rasyiid anak saya untuk lepas diapers di usia 1 tahun. Dan bener-bener lepas diapers baru di umur 3 tahun, setelah itu saya ajarkan untuk bisa pipis sendiri, walau seringnya masih saya perhatiin, hehe..

    Makasih infonya mom (", )

    BalasHapus
  3. anakq jg lg toilet training nih mbak. cm pakai diapers pas mlem aja. alhmdulil :-)

    BalasHapus
  4. Anak saya perempuan, saat ini sedang belajar potty training, harap harap cemas banget karena mau sholat wajib ngepel lantai ..

    BalasHapus
  5. Toilet training bukan hanya kesiapan anak tapi juga kesiapan kita sbg org tua. Siap mencuci ompol dan seprai. Harus menguatkan hati mmg. Oya tambahan sering afirmasi positif ke anak sblm tidur. Bahwa pipis dan pupnya di wc, bisa bangun kalau kebelet. It works untuk sulungku

    BalasHapus
  6. keren mom, seminggu langsung berhasil... manfaat banget ini tipsnya buatku belajar dikit-dikit, nyiapin mental kalau sudah waktunya anak harus TT

    BalasHapus
  7. si bungsu usia 2 tahun lepas ASI langsung gak mau pakai popok. toilet training udah pasti dijalanin, emang bener kudu banyak banyak stok sabar ya, awal awal pipis masih dimana aja, lama - lama mulai ngerti kalo pipis di wc begitu juga BAB

    BalasHapus
  8. Ternyata banyak juga ya drama toilet training ini. Memang harus banyak-banyak sabar dan menunggu kesiapan dari sang anak. Harap maklum bund, saya belum paham yang beginian karena belum punya anak hehehe tapi terima kasih loh tulisannya saya jadi tambah informasi

    BalasHapus
  9. Jadi ingat pengalaman saya dulu waktu toilet training anak-anak juga :) semog lancar ya mom, salam kenal :)

    BalasHapus
  10. Jadi inget anak qu dia minta sendiri waktu itu pipis di kamar mandi..poop juga sndri. Tiba2 aja dia mau bgtu. Besok nya langsung pakai CD aja ga mau lagi..smpe skrng kebobolan pipis doang. Wktu itu usianya 3tahun.
    Sepertinya ia sudah besar dan mau sndri.

    BalasHapus
  11. aku juga lagi belajar toilet training nei.. thanks ya mam untuk sharingnya..

    BalasHapus
  12. Aku blm memulai toilet training mom thanks sharingnya bs buat nambah2 pengetahuan ku seputar TT

    BalasHapus

Berlangganan via Email