Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Semua Berawal Dari Kita


"Ada 1001 jalan untuk melakukan kebaikan".

Kata yang ringan namun sarat makna.dan tidak mudah untuk di implentasikan.
karena menurut ku kebaikan diawal dari rasa yang berat.
Menebar kebaikan kata siapa mudah ? 
Berbagi apa yang kita punya, pasti sebagian dari kita merasa enggan.

itulah perasaan awal ku yang muncul sebelum benar-benar terjun untuk menebar kebaikan.
Saat mulai masuk di dunia perkuliahan, tepatnya 6 tahun silam.saat itu aku duduk di semester awal.dikampus ada kegiatan sosial berupa "Mengajar" diarea sekitar kampus sebagai bukti nyata andil mahasiswa untuk mayarakat sekitar.volunteernya ialah anak kampus tentunya.aku pun memberanikan diri ikut andil dalam bagian tersebut.kita secara sukarela mengajar ngaji sehabis ashar di mushola sekitar.bahkan sesekali kami di ajak mengajar di sekolah.


Untuk anak-anak rasa bosan dalam belajar pasti ada.oleh karena itu terkadang kami memberikan reward kepada mereka.reward atas usaha mereka untuk tetap semangat belajar meski dalam keadaan yang sulit.


Tiap tahun pasti selalu ada kegiatan sosial yang digelar kampus. Kali ini tahun kedua perkuliahan ku, kampus menggalang kegiatan sosial sekaligus dakwah untuk masyarakat sekitar,berupa “GERAKAN 10.000 HIJAB”.aku yang termasuk sebagai volunteer pada saat itu membagikan hijab kepada masyarakat sekitar kampus.dengan tujuan mengajak warga sekitar yang belum mengenakan Hijab, karena berbagai alasan,terutama alasan ekonomi.


Foto bersama, aku memakai kerudung biru disebelah kanan .Dokpri 

Disaat aku berjalan menyusuri perkampungan untuk membagikan Hijab, entah mengapa ada perasaan bahagia yang tersirat.disaat aku melihat orang-orang begitu antusias menyambut kami.betapa sesungguhnya menebar adalah suatu kebahagiaan untuk diri kita sendiri.

Aku membantu memasangkan Hijab.Dokpri 

Kalau mau jujur saat itu pun aku merasa keterbatasan dalam hal financial. tapi,bukan berarti aku tidak bisa berbagi kepada sesama kan.

Dengan berbagi, banyak sekali yang aku pelajari.hal kecil yang menurut kita tak berarti,tapi belum tentu untuk orang lain.dan konsep sederhana yang perlu kita ingat dalam menebar kebaikan adalah “berikanlah yang terbaik yang kita punya kepada orang lain”.karena jika kita di posisi sebagai penerima, mau kah kita di beri sesuatu yang tidak baik bahkan tidak layak ???

Menurut ku, semakin sulit proses kita dalam menebar kebaikan.maka,kenangannya dan kebahagiaannya akan selalu kita rasakan.
Tetap seneng walau hujan-hujanan.Dokpri

Gambar di atas merupakan foto yang sampai saat ini selalu terkenang.meski kehujanan kami tetap happy.

Kini bersama Dompet dhu'afa, yuk kita bergotong royong dalam menebar kebaikan.jangan sampai kebaikan hanya berhenti sampai di kita.

Apalagi dengan keadaan sekarang, wabah virus covid-19 yang makin hari makin bertambah.pasti banyak sekali orang-orang di luar sana yang membutuhkan kita.Bukankah hal kecil yang kita bagaikan jika di lakukan bersama-sama akan menjadi banyak ??


Aku yang kini berstatus seorang ibu,pastinya gak bisa lagi ikut-ikutan menjadi voulenteer seperti zaman kuliah dulu.tapi,bukan berarti aku tidak dapat menebar kebaikan untuk orang lain.

Dompet dhu'afa sebagai lembaga Amil zakat nasional yang berkhidmat melakukan pemberdayaan untuk kaum dhu'afa.selalu konsisten dalam berbagi kebaikan dengan tujuan memgentaskan kemiskinan.

Dompet dhu’afa  memiliki 5 program utama,yaitu :

1. Pendidikan
2. Kesehatan
3. Ekonomi
4. Budaya
5. Sosial Dakwah.


Buat ku, dompet dhu'afa adalah lembaga yang tidak asing di telinga.Karena, saat kecil dulu aku bersekolah di pondok pesantren yatim dan dhu'afa, sehingga bantuan dari Lembaga Dompet Dhu'afa  adalah yang selalu datang ke pondok kami secara konsisten.

Ketika kita menebar kebaikan, dan konsisten dengan itu.sama artinya kita memberikan ruang dalam hati kita untuk bahagia.

Ayo bersihkan harta kita dengan mengeluarkan zakat.bersihkan hati dan jiwa kita.karena kebahagiaan itu kita yang ciptakan. 

dengan rajin membayar zakat,infak,atau bantuan kemanusiaan lainnya.kita bisa membantu orang lain.

Dizaman yang serba canggih seperti ini,kita  diberi kemudahan dalam segala hal,termasuk menebar kebaikan.
di : https://donasi.dompetdhuafa.org/  teman teman bisa menyalurkan bantuan dengan cara yang mudah.


Source.Dompetdhuafa.org - Design By Me

Dari infografis yang teman-teman lihat diatas,bukankah tidak ada alasan lagi untuk tidak menyalurkan bantuan.dari dalam rumah pun kita bisa melakukannya hanya dengan menggunakan hp semua beres.
sekecil apapun yang teman-teman salurkan akan sangat berarti.

Senyum Bahagia.Dokpri

Akhir cerita, aku mau mengajak teman-temen semua, apalagi yang hobi nulis, yuk kita menebar kebaikan dan mengajak orang lain  berbagi, agar semua bisa berbagi kebahagiaan.


chairina bawazir
chairina bawazir Assalamu'alaikum Hello everyone welcome to my Blog, hope you like it. for me sharing is my happiness

17 komentar untuk "Semua Berawal Dari Kita"

  1. Nice sharing mba..barakallah😊

    BalasHapus
  2. Ma syaa Allah, aura menebar kebaikannya kerasa sampai sini. Sukses selalu mba.

    BalasHapus
  3. Semangat lombanya mba :')

    BalasHapus
  4. MasyaaAllah..semangat berbagi, di saat Kita memberi pada dasarnya Kita menerima

    BalasHapus
  5. Semoga jadi juara tulisannya ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin....
      Semoga tulisan ini menginspirasi

      Hapus
  6. Masya Allah mba, semoga kita selalu dikelilingin orang oleh yang suka menebar kebaikan ya πŸ™‚πŸ™‚

    BalasHapus
  7. Berbagi itu memang bikin bahagia ya mba. Ketika pemberian kita bermakna, disitu kita merasa bahagia luar biasa

    BalasHapus
  8. MasyaAllah... berbagi bikin ketagihan ya mba....

    BalasHapus
  9. Barakallah naa
    Semangat terus yaa πŸ€—

    BalasHapus

Berlangganan via Email