Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hobby VS Passion

Hai hai semua selamat beraktifitas ya. Kalau kamu yang lagi galau dalam pencarian panjang tentang hobi dan passion. Kamu berada di tempat yang pas.

Karena. Kali ini aku mau sharing tentang itu. hal dasar yang kadang terlupakan atau bahkan sebagian besar dari kita tidak tahu. 

Pembahasan yang sesuai dengan judul nya. yaitu hobi dan passion. terkadang karena terlalu sibuk dengan rutinitas harian, apalagi seperti aku yang menjadi seorang ibu rumah tangga. Aku lupa untuk melakukan hobi ataupun passionku.

Padahal, dengan kita melakukan apa yang menjadi hobi kita atau passion kita, kita akan jauh dari yang namanya stress dan bisa membuat hari kita lebih semangat.


Yuk cari tahu. jangan kubur terlalu dalam passionmu. Karena menurutku dengan mengenali passion dan hobi kita. Sesungguhnya kita lebih dekat dengan impian kita. Karena kita sudah menemukan arah yang jelas dan tepat. Tinggal kita melangkah maju.

Semua orang pasti setuju bahwa dalam menggapai impian itu pasti tidak mudah. Banyak rintangan yang perlu kita hadapi. Dengan pahamnya kita dengan passion dan hobi kita. Kita  Tidak mudah menyerah dengan impian kita. Karena memang kita suka dengan itu. lalu, Apakah sama antara hobi dan passion ? 

Yuk kita kenalan sama Hobi dan Passion

Hobi menurut KBBI adalah sebuah kesenangan istimewa yang di lakukan di waktu senggang.dengan melakukan hobi kita bisa merasa bahagia atau seperti merefresh diri kita sendiri.sedangkan Passion menurut KBBI adalah suatu hasrat atau pun gairah yang kuat untuk melakukan sesuatu kegiatan. kita tidak pernah bosan untuk melakukannya, bahkan kita mau berkorban untuk passion kita.
Jadi jelas beda ya antara hobi dan passion.

Kalau hobi hanya kita lakukan di waktu luang dan sebagai kesenangan semata,sedangkan passion adalah sesuatu yang kita lakukan baik dalam senggang maupun sibuk,dalam lelah ataupun tidak, kita selalu meluangkan waktu untuk itu.kita selalu punya waktu untuk passion kita.

Lalu bagaimana cara kita mengetahui antara hobi dan passion kita ? Disini aku akan berbagi beberapa tips dari yang aku pelajari dan alami sendiri:

  1. List apa saja kegiatan yang biasa kalian lakukan
  2. Buat list kategori ( suka dan butuh,suka tapi tidak butuh, tidak suka tapi penting dan butuh)
  3. Pilih kegiatan tersebut dan masukan kedalam sebuah list kategori. seperti yang sudah aku tulis di poin no 2. Agar kita bisa memilah apa sebenarnya kegiatan yang paling kita suka dan butuh
  4. Lakukan semua kegiatan yang sudah kita list itu secara berulang sambil direunungi
  5. Perasaan apa yang muncul saat kalian lakukan hal-hal tersebut ?

Dari 5 poin di atas, lambat laun kalian akan menemukan kegiatan apa yang sebenarnya yang menjadi hobi dan passion kalian.

Seperti aku yang baru menemukan passion aku setelah perjalanan cukup lama 😁Beneran deh seneng banget rasanya kita tahu passion kita. Bahagia ketika kita bisa mengenal diri kita sendiri seperti punya semangat dalam menjalani hidup ini. Jangan bilang lebay ya ✌✌

Lalu, apakah kalian mau tau apa yang menjadi passion aku sekarang ? Hal yang membuat bahagia dan aku suka melakukannya yaitu menulis.walau aku belum bisa menulis seperti seorang profesional tapi aku tapi aku suka belajar dan suka mengorbankan waktu untuk itu.

Meski terkadang aku tidak punya waktu luang,tapi selalu saja ada waktu yang aku yang bisa aku sisipkan untuk membaca/mengetahui hal baru tentang dunia kepenulisan.


Semoga apapun yang menjadi passion dan hobi kita bisa bermanfaat untuk kita ataupun dunia kita.
"sebaik baiknya manusia,adalah yang bermanfaat untuk orang lain."

Apa motivasi terbesar kalian dalam melakukan passion kalian ? Kalian bisa juga list motivasi kalian seperti ini list aku dibawah agar kalian tetap semangat dalam melakukan passion kalian.

motivasi terbesar aku dalam menulis adalah :

  1. Tabungan akhirat
  2. Hati Bahagia
  3. Perasaan happy
  4. Pikiran jernih ngerasa plong
  5. Healing
  6. Pikiran jadi ga sempit
  7. Dengan menulis seperti punya temen curhat
  8. Bikin terus semangat belajar hal baru 
  9. Bikin gak ada waktu kosong
  10. Berharap semua yang aku lakukan bermanfaat untuk orang lain
Niat ku menulis list motivasi ini semata-mata bukan untuk pamer tapi aku ingin memberi contoh aja apa yang aku tulis.semoga bisa membantu.

Selamat menemukan hobi dan passion kalian.
semangat 🥰
chairina bawazir
chairina bawazir Assalamu'alaikum Hello everyone welcome to my Blog, hope you like it. for me sharing is my happiness

1 komentar untuk "Hobby VS Passion"

  1. Samaaaa, aku pun stlh punya anak justru semakin sadar apa passionku...

    BalasHapus

Berlangganan via Email