Perbedaan Kaca Tempered Dengan vs Kaca Laminasi


Perbedaan Kaca Tempered Dengan vs Kaca Laminasi

Keamanan dan keselamatan menjadi perhatian utama ketika membangun sebuah konstruksi bangunan. Ada banyak jenis kaca yang dibuat untuk memenuhi keamanan, salah satunya seperti kaca tempered dan juga laminate. 


Kita tahu di sekitar kita sudah banyak yang menjual berbagai jenis kaca, seperti beberapa toko kaca tempered serpong, dan mungkin juga ada di sekitar Anda. Ingin tahu apa saja sih perbedaannya? Mari kita lihat lebih lanjut informasi lengkap dengan membaca artikel ini. 

Kaca Laminasi vs Kaca Tempered


Kedua jenis kaca ini sebenarnya sangat berbeda satu sama lain. Keduanya memang dibuat untuk lebih kuat dalam menahan tekanan, sehingga cocok untuk keadaan ekstrem. Sebelum memilih kaca mana yang bisa diandalkan sebaiknya simak beberapa poin dan perbedaan kaca tempered serta kaca laminasi. 

Proses Manufakturing dan Produksi


Dua jenis kaca ini memiliki proses pembuatan yang cukup berbeda. Berbica mengenai proses manufakturing keduanya bahkan bisa dibilang sangat bertolak belakang. Laminated glass atau kaca laminasi dibuat menggunakan penggabungan dua lapisan antara kaca dan resin, atau umumnya bahan yang dikenal dengan polyvinyl butyral (PVB). 


Layer atau lapisan PVB ini disatukan dengan kaca, dengan harapan memperkuat kinerja keseluruhan kaca. Jika terjadi benturan dan pecah, maka keduanya bisa sedikit meredam pecahan sehingga menghindari pecahan yang bisa membahayakan. 


Di sisi lain, kaca tempered sedikit berbeda proses pembuatan dan manufakturingnya. Kaca tempered dibuat menggunakan sebuah proses yang disebut dengan pengerasan untuk menghasilkan produk yang lebih kuat. Faktanya, proses ini bisa membuat kaca menjadi beberapa kali lebih kuat. Dalam proses ini terdapat beberapa proses seperti pemanasan, pressuring, dan juga prosedur menggunakan proses lain. 


Dalam proses pembuatan kaca tempered ini menghasilkan keseimbangan penyerapan stress yang lebih baik di bagian dalam dan luar kaca, sehingga akan lebih baik dalam menerima tekanan, guncangan, di level tertentu. 


Selain itu tempered glass juga dikenal sangat aman karena saat pecah, tidak akan menjadi pencahan yang membahayakan. 

Kekuatan

Bagian kedua perbedaan kaca tempered vs kaca laminasi adalah dengan mempertimbangkan perbedaan kekuatan. 


Dari segi kekuatan keduanya memiliki tujuan yang sama agar lebih kuat dan aman dibandingkan kaca konvensional. Keduanya masuk ke dalam kategori kaca keamanan untuk rumah dan komersial bangunan, namun kekuatan mereka sedikit berbeda. 


Kaca laminasi dianggap kuat karena mampu menahan berbagai tekanan seperti batu kerikil, tanpa pecah, bahkan beberapa juga tidak pecah ketika jatuh dari frame jendela. Kekuatan ini bersumber dari lapissan resin yang ada di antara kaca. Dari segi kekuatan mampu membuat kaca menjadi 5 kali lebih kuat dari kaca standar. 


Untuk kaca tempered sendiri dikenal sangat kuat terhadap berbagai tekanan. Dari sisi manufakturing dan proses pembuatan melalui proses pemanasan, pressure, dan sebagainya membuatnya sangat kuat. Inilah kenapa untuk tempered glass memiliki kekuatan yang lebih kuat dibandingkan dengan laminated glass. 

Aplikasi Penggunaannya


Ada sedikit perbedaan dari sisi aplikasi penggunaan menurut kami. Untuk kaca laminasi sangat cocok untuk digunakan sebagai penahan tekanan dari luar, sementara untuk tempered glass sendiri lebih ke dua fungsi yaitu menahan tekanan dari luar sekaligus memberikan keamanan yang lebih bagi apapun yang ada di dalam ruangan. 


Secara umum kaca tempered sendiri lebih bisa digunakan untuk banyak hal mulai dari kaca untuk kamar mandi kemudian bangunan hotel, ruangan rapat. Kaca jenis ini akan sangat cocok digunakan sebagai interior. Sementara itu untuk kaca laminasi akan cocok digunakan untuk eksterior sebagai jendela, pintu luar ruangan dan sebagainya. 

Kustomasi


Oke dari sisi kustom misalnya untuk memberikan grafis, atau tampilan tertentu maka kami sarankan untuk memilih kaca laminasi. Hal ini karena kaca tempered sendiri memiliki sebuah karakteristik yang sangat unik. Setelah proses pembuatan, kaca tempered sulit untuk dilakukan kustomasi. 


Jadi jika Anda memilih tampilan yang bisa dikustomasi maka kaca laminasi bisa menjadi pilihan terbaik mengingat bisa diproses lebih lanjut. Dari sisi arsitektur, lebih bersahabat karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing - masing. 

Harga 


Selanjutnya perbedan kaca tempered vs kaca laminasi adalah masalah Harga. Keduanya memiliki beda harga yang cukup membuat kita memilih salah satu jenis kaca. 


Dari sisi kompleksitas pross pembuatan dan material yang digunakan, kaca laminasi menjadi lebih mahal dibandingkan kaca tampered. Penambahan material resin dan juga material lainnya membuat laminated glass cukup mahal, walaupun sebenarnya kaca tempered juga lebih mahal daripada kaca konvensional lainnya. 

Kesimpulan


Dari segi keamanan dan keselamatan keduanya sudah lebih baik dibandingkan dengan kaca standar. Perbedaan kaca tempered vs kaca laminasi terdapat pada aplikasi dimana kaca tempered lebih cenderung digunakan di interior sementara untuk kaca laminasi untuk eksterior. Tapi jangan salah karena beberapa kasus kaca tempered juga bisa dipadukan dengan talang air dijadikan sebagai pilihan atap. Itulah dia beberapa perbedaan kaca tempered vs kaca laminasi, semoga membantu. 


chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

10 komentar untuk "Perbedaan Kaca Tempered Dengan vs Kaca Laminasi"

Comment Author Avatar
Wah makasih banyak loh info nya jadi nambah ilmu aku, ternyata banyak jenisnya yaa
Comment Author Avatar
Thanks info di postingan ini kak, aku jadi tau ada berbagai jenis kaca
Comment Author Avatar
Btw thanks kak infonya jadi nambah ilmu, jadi lebih ngerti perbedaanya
Comment Author Avatar
Info menarik nih, jadi tau perbedaannya
Comment Author Avatar
Jadi tau bedanya hehe, thanks info nya kak
Comment Author Avatar
Wah ilmu baru nih tentang kaca, buat yang butuh kaca tempered (carnellin)
Comment Author Avatar
ooh ini toh perbedaannya, thanks ya buat sharingnya
Comment Author Avatar
Nambah ilmu baru ini sih, apalagi klo lg mau bangun rumah.. thx infonya
Comment Author Avatar
makasih banyak loh info nya jadi nambah ilmu aku nih , ternyata banyak jenisnya ya kaca
Comment Author Avatar
Aku jadi makin tahu soal kaca, beda jenis ternyata beda fungsi ya

Kalau tulisan ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa komen dan share ya. terima kasih !