Berkenalan Dengan Industri Hotel dan Hospitality

Berkenalan Dengan Industri Hotel dan Hospitality

Berkenalan Dengan Industri Hotel dan Hospitality

Kita sering kali melupakan beberapa hal yang sudah kita temui di keseharian. Sebagai contoh barang - barang yang kita temui di tempat - tempat tertentu, terkadang kita akan segera melupakannya. 


Bagi pecinta travelling, entah itu dengan tema staycation, backpacker, dan lain sebagainya, tentunya akan sangat sering menemukan perlengkapan hotel dan hospitality. Walaupun sudah banyak perlengkapan hotel dan hospitality yang kita temui, namun tentunya masih banyak yang tidak kenal. 


Pada artikel kali ini, kita akan lebih mengenal mengenai berbagai peralatan dan perlengkapan hotel yang sering kita temui.

Apa Saja Yang Termasuk Perlengkapan Hotel? 

Peralatan hotel termasuk ke dalam barang hospitality biasanya mencakup kebutuhan rumah tangga, dapur, dan operasional penginapan atau hotel lainnya. Sebenarnya Hospitality memiliki pengertian yang sangat luas. Hospitality adalah sebuah istilah untuk pelayanan yang mencakup industri pelayanan, lodging, makanan dan minuman seperti restoran. 


Ada beberapa karakteristik yang mungkin bisa dilihat dalam industri Hospitality, dimana di dalamnya juga terdapat peralatan hotel, dan sebagainya: 

  • Industri Hospitality biasanya bergantung dengan waktu seperti waktu liburan dan sebagainya. Tidak menyediakan layanan kebutuhan primer, lebih ke kebutuhan sekunder dan hiburan (fokus ke more money more service).

  • Fokus ke pada produk, layanan yang tidak berwujud, seperti pelayanan (customer service).

  • Tidak tahan lama, industri perhotelan hanya dirasakan saat kita berada di hotel pada masa tertentu. 

  • Terkenal tidak ada kata “istirahat”, industri ini sangat sibuk ketika waktu liburan tidak seperti kebanyakan industri. 

  • Sangat bergantung pada kepuasan pelanggan. Itulah kenapa perhotelan selalu memberikan layanan terbaik dalam bentuk customer service. 


Setelah mengetahui sekilas mengenai perlengkapan hotel dan juga hospitality mari kita bahas beberapa contoh peralatan hotel penting yang mungkin kerap ditemui. 

Beberapa Contoh Peralatan Hotel Yang Kerap Ditemui


Berkenalan Dengan Industri Hotel dan Hospitality

Lalu seperti apa sih contoh peralatan hotel dan hospitality? Sebenarnya kita sudah kerap menemuinya ketika mengunjungi sebuah hotel, tempat wisata, mall, dan juga berbagai tempat umum yang menawarkan berbagai hiburan lainnya. Langsung saja cek beberapa contohnya di bawah ini. 

Peralatan Kamar Mandi

Setiap peralatan hotel seharusnya menyediakan perlengkapan lengkap untuk kamar mandi. Sabun, soap dispenser, shower, dan sebagainya harus selalu siap untuk para pelanggan. Tergantung dari jenis hotel yang dikunjungi semakin tinggi kelasnya akan semakin mewah dan lengkap perlengkapan hotelnya. 

Perlengkapan Tidur

Ada banyak cara untuk memberikan kepuasan terhadap pelanggan salah satunya adalah perlengkapan tidur yang nyaman dan membuat kita betah berada di kamar. Pada umumnya kita membutuhkan sebuah tempat nyaman untuk istirahat, tapi tidak banyak juga yang mencari sebuah keunikan. 


Beberapa perlengkapan tidur yang wajib seperti sprei, bantal, guling, bahkan sofa dan juga selimut mewah biasanya merupakan salah satu contoh peralatan hotel dan juga perlengkapan yang harus ada. Belakangan ini juga ada beberapa hotel yang menyediakan desain minimalis untuk para pencari keunikan.

Layanan Hotel

Seperti yang sudah dibahas bahwa hospitality bukan merupakan layanan yang bisa kita lihat secara fisik. Salah satu perlengkapan wajib selanjutnya adalah layanan hotel. Pelayanan hotel yang lengkap dan juga selalu siaga merupakan salah satu kelebihan yang saat ini tidak dimiliki oleh setiap hotel. 


Beberapa pelayanan termasuk kebersihan untuk para pelanggan jangka panjang, restoran atau makanan yang diantar ke kamar, tempat olahraga, dan juga tempat hiburan lainnya juga akan menjadi nilai tambah. 

Tempat Penyimpanan 

Peralatan wajib lain yang harus ada di dalam hotel adalah tempat penyimpanan baik itu di kamar ataupun di tempat lainnya. Baik itu penyimpanan untuk pakaian ataupun penyimpanan berharga jika ada layanan seperti sauna, kolam renang. Biasanya hotel menyediakan rak pakaian, hanger, lemari, dan sebagainya. 

Barang Lainnya

Beberapa perlengkapan yang tidak kalah penting adalah seperti papan peringatan, tanda peringatan. Misalnya saja tanda lantai licin, kemudian tanda maintenance, dan sebagainya. Pada tempat - tempat umum seperti hotel, tanda - tanda seperti ini sangatlah penting untuk agar para pengunjung bisa tetap nyaman, dan aman, bisa dibilang merupakan salah satu standar keamanan dan keselamatan juga.

Kesimpulan

Sebenarnya masih ada banyak perlengkapan hotel dan hospitality yang mungkin tidak mungkin untuk kita bahas saat ini. Paling tidak kita bisa membahas mengenai beberapa peralatan hotel yang paling umum. Semoga informasi ini bisa membantu dan bermanfaat. Sampai jumpa lagi di kesempatan lain. Terima kasih.


Image credit : freepik


chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

9 komentar untuk "Berkenalan Dengan Industri Hotel dan Hospitality"

Comment Author Avatar
wah komplit ya ternyata kalau mau terjun ke bidan perhotelan. Banyak perintilan yang harus dipersiapkan dengan detail :)
Comment Author Avatar
Bermanfaat sekali infonya kak. Ternyata kalau udah dirinci gini banyak juga ya hal-hal yang harus diketahui dan disediakan.
Comment Author Avatar
Paling suka kalau lagi staycation ke hotel yang semua peralatannya lengkap dan bersih deh serta cs nya baik .
Comment Author Avatar
Baca gini jdi pengen staycation deh mba, jdi tau skrg seharusnya hotel itu nyediain aja
Comment Author Avatar
Bener banget, kalau mau dibahas detail tentang industri hotel butuh 6SKS lebih ya mba.. Saking banyaknya detail kecil dari sebuah kamar hotel. Hihihi.
Comment Author Avatar
Perhotelan itu banyak banget yang diurus ya. Btw katanya beberapa hotel murah yg ga menyediakan sikat gigi ya, itu kenapa ya
Comment Author Avatar
Buat yang ingin belajar dan tambah pengetahuan tentang perhotelan penting ini diketahui. Karena perintilannya banyak juga ya dan lebih mendalam
Comment Author Avatar
Baca tulisan ini jadi inget sepupuku yg ambil smk dan kuliah perhotelan. Dia mah khatam bgt nih sama beginian. Hotel yg bagus (bintang 5) pasti lengkap deh fasilitasnya termasuk printilan2 yg bikin nyaman customers hehe
Comment Author Avatar
Apakah di hotel, inn, motel, dsb itu punya SOP yang universal ya terkait sama perlengkapan kamar buat pelanggan? Atau masing masing hotel punya SOP yang beda beda?

Kalau tulisan ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa komen dan share ya. terima kasih !