Langkah Superku Bantu Pemerintah Wujudkan Indonesia Independen Dalam Dunia Digital


Aku Ada Untuk Indonesia

"Hidupku di Indonesia ini gratis alias tanpa dipungut biaya apa pun. lalu, apa yang bisa aku berikan sebagai tanda ucapan terima kasih untuk Indonesia?."


Langkah Superku Bantu Pemerintah Wujudkan Indonesia Independen Dalam Dunia Digital



Itulah sekilas yang ada dalam benakku saat memikirkan Indonesia. sebuah cinta tidak bisa ternilai jika tanpa pembuktian. Itulah mengapa aku di sini, sebagai blogger turut andil mengambil peranku untuk Indonesia.

Meski bukan peran besar yang di lakukan, seperti yang komunitas maupun pemerintah lakukan. tapi, aku pribadi bisa membantu pemerintah mewujudkan sebuah negara yang independen dalam dunia digital.

“Semua hal besar yang terjadi di dunia ini berawal dari langkah kecil yang secara konsisten dilakukan.”

Indonesia harus Independen dalam dunia digital bermaksud agar pemerintah bisa mengakses penuh semua siaran yang beredar maupun konten informasi yang ada di dunia internet.

Menjadi sebuah negara yang independen dalam dunia digital ini sangat besar sekali pengaruhnya. Karena, semua informasi di seluruh dunia dapat kita dapatkan dari dalam internet. Jadi, dari penyebaran informasi ini pun sebenarnya ada dampak positif dan negatifnya.

Dampak positifnya adalah kita sangat mudah mengakses berbagai bentuk ilmu pengetahuan dan informasi yang ingin kita cari dengan mudah dan cepat lewat internet. Dan negatifnya adalah bukan hanya informasi valid saja yang tersebar. tapi juga ada informasi yang mengundang ujaran kebencian. Provokatif maupun post_truth yang dapat membahayakan dan merusak sebuah kesatuan bangsa.

“Post-truth adalah pandangan bahwa fakta objektif kalah berpengaruh dengan perasaan dan maupun keyakinan seseorang. hal ini tentu sangat berbahaya untuk sebuah negara. Itulah mengapa pentingnya menjadi negara yang dapat independen dalam digital. Agar hal buruk yang tidak diinginkan tidak terjadi."

Strategis Dan Upaya Pemerintah Dorong Pemanfaatan Teknologi Digital


Langkah Superku Bantu Pemerintah Wujudkan Indonesia Independen Dalam Dunia Digital

Di era yang serba digital ini. pemerintah terus berupaya melakukan berbagai strategi agar dapat mendorong pemanfaatan teknologi digital. apa saja yang dilakukan pemerintah dan apakah berkaitan dengan kita?

Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, mengatakan ada tiga upaya utama yang hingga saat ini dilakukan oleh pemerintah. untuk mendorong pemanfaatan serta perkembangan teknologi digital di tanah air agar mendidik dan menguntungkan. 3 upaya ini adalah :

1.    1.Melakukan literasi digital ke masyarakat agar tidak terjebak ketika memilah dan memilih informasi.

Poin pertama ini memang sangat besar dan penting sekali untuk dilakukan. Mengingat masih banyak sekali orang yang mudah terbawa dan percaya dengan berita hoax yang cepat sekali menyebar.

Contoh sederhana yang 2 tahun belakang ini marak menyebar adalah berita tentang semua hal negatif yang berhubungan dengan vaksin covid-19. tanpa di cari tahu kebenaran sebuah informasi, orang mudah sekali menyebarkannya. Broadcast berita hoax mudah sekali terbesar.

Hal ini tentu sangat berbahaya dan juga berdampak pada psikis seseorang. Berita burung yang mengatakan bahwa vaksin dapat menyebabkan penyakit dan macam-macam, sejatinya bisa membuat orang takut ataupun trauma.

Untuk menyingkirkan berita hoax tersebut, iklan pun dibuat dan di yakinkan bahwa vaksin aman. untuk memastikan warga Indonesia tidak takut divaksin dan tidak perlu percaya berita hoax seputar vaksin covid-19.

Indonesia, merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan  luas  5.193.250 km² mencakup daratan dan lautan. Terbentang dari sabang hingga Merauke. dengan rincian luas daratan Indonesia adalah 1.919.440 km² luas sekali kan!

Langkah Superku Bantu Pemerintah Wujudkan Indonesia Independen Dalam Dunia Digital


Seluas ini tentu tidak cepat dan tidak mudah untuk melakukan edukasi literasi digital kepada masyarakat. Untuk itulah aku di sini hadir sebagai blogger yang turut membantu pemerintah dengan membantu menuliskan berita yang valid, menuliskan informasi yang baik-baik agar warga Indonesia dapat membaca berita yang baik-baik.

Meski langkah kecil yang aku lakukan, tapi aku yakin jika kita semua khususnya yang memang berperan aktif dalam dunia digital bergotong royong bersama pemerintah menciptakan sebuah kedaulatan digital.

Aku yakin Indonesia akan terbebas dari berita-berita hoax yang merugikan seluruh warga. Meski tidak 100% tapi setidaknya dapat meminimalisir itu tentu jauh lebih baik.

2. Melakukan pencegahan terhadap informasi yang belum jelas kebenarannya.

Aku setuju banget dengan tindakan yang dilakukan oleh pemerintah ini. Kemenkominfo ini selama ini telah melakukan tindakan pemblokiran maupun pembatasan akses terhadap konten yang dianggap merugikan publik. Hal ini tentu membuat kita jauh lebih safe lagi ya.

3.     3. Melakukan penindakan hukum yang bekerja sama dengan pihak kepolisian.

Mungkin Sebagian teman-teman pernah juga merasakan beberapa bulan ke belakang banyak sekali terjadi peniupan peminjaman uang yang mengatasnamakan orang lain. Jadi bukan hanya merugikan kepribadian kita, tapi juga merugikan material orang lain.

Itulah tiga poin penting yang hingga saat ini terus diperjuangkan oleh Pemerintah kita. Semoga aku dan kita semua pun bisa terus memberikan andil untuk membantu pemerintah menjadi negara dengan kedaulatan Digital yang baik.

Dengan di mulai dari satu hal sederhana. yaitu untuk tidak mudah menyebar berita yang belum jelas kebenarannya. dan untuk selalu memastikan sebuah berita yang akan kita sebar kepada orang lain.

Cara Memanfaatkan Teknologi Digital Untuk Seorang Blogger

Langkah Superku Bantu Pemerintah Wujudkan Indonesia Independen Dalam Dunia Digital


Sebagai seorang blogger, aku termasuk yang bekerja di ranah digital. apa pun bisa kita tulis dan disebarkan ke Internet. dan orang-orang akan sangat mudah nantinya untuk menemukan tulisan kita.

Semua yang kita tulis perlu pertanggung jawaban. Itulah mengapa jangan pernah menuliskan sesuatu yang menimbulkan kegaduhan ataupun mengandung ujaran kebencian atau post_truth tadi.

Dari menjadi seorang blogger, ada banyak cara yang bisa aku lakukan sebagai upaya memanfaatkan teknologi digital menjadi uang. Penasaran bukan ? dari menulis saja, kita bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. bahkan, untuk yang memang profesional di bidang ini, bisa menjadi ladang uang paling menjanjikan.

Kenapa saya bilang menjanjikan ? salah satu keistimewaan yang paling aku rasakan saat menjadi blogger adalah waktu kerja yang fleksibel dan aku tidak perlu keluar meninggalkan anak-anak hanya untuk bekerja.

Menjadi blogger, aku bisa bekerja bahkan saat hanya memakai daster dan sambil melakukan kebutuhan anak-anak aku. jujur, menjadi blogger memang menjadi pilihan yang tepat untuk aku sebagai ibu dari dua orang anak.

3 Cara Memanfaatkan Teknologi Digital Untuk Menghasilkan Uang Bagi Seorang Blogger

  • 1.   Adsense

Ini adalah hal umum yang semua orang pasti sudah tau. bahwa lewat adsense ini kita bisa menghasilkan uang. memang tidak mudah dan butuh perjuangan di awal untuk mendapatkan persetujuan adsense ini. Tapi, kalau kita sudah berhasil. Pundi-pundi rupiah akan datang dengan sendirinya tanpa perlu repot.

Untuk bisa menggaet banyak visitor di blog kita. Perlu ada teknik tersendiri yang di SEO. Teknik menulis menggunakan teknik SEO ini akan membantu kita menciptakan sebuah website yang menghasilkan. Bersyukur banget aku sudah ikutan salah satu Mini Course #SuperBercerita Grow Your Blog yang diadakan oleh Super.

Di mini course ini ada banyak hal dibahas. termasuk tips dan trik mengembangkan dan meningkatkan traffic blog. acara diisi oleh SEO Lead dan Blogger Nasional yang sudah sangat berpengalaman. Jadi ilmunya mantap banget deh. Karena bisa langsung aku praktekan.

  • 2.   Endorsement

Endorsement untuk blogger disini ada banyak sekali bentuknya mulai dari barter produk, ikut peluncuran sebuah produk dan usaha untuk kita bantu promosikan lewat tulisan kita. ataupun content placement.

Aku cukup sering melakukan poin kedua ini. dari sekedar content placement sampai ikutan mereview sebuah produk yang baru di launching. Dari sini aku biasanya mendapatkan sebuah hampers sebagai bentuk kerjasama maupun berupa fee yang bisa diterima.

  • 3.   Lomba

Untuk menghasilkan uang dari ngeblog selanjutnya adalah dengan mengikuti lomba blog. seperti yang aku lakukan sekarang. Memenangi sebuah lomba blog memang tidaklah pasti. untuk aku pribadi, mengikuti lomba ini bukan sekedar berniat mendapatkan juara. Tapi jauh dari itu.

Saat mengikuti lomba, aku selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan melakukan riset, menulis sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan, memastikan semua tulisan tidak ada typo dan sejatinya saat aku mengikuti lomba, aku sedang belajar menulis lebih baik lagi. aku sangat berharap tulisan yang aku buat ini dapat memberikan manfaat untuk pembaca.

Dengan mengikuti lomba, aku belajar menulis dengan baik. dan memang untuk membuat tulisan yang baik membutuhkan waktu yang tidak sebentar, terkadang berhari-hari. belum lagi gambar pendukung tulisan yang harus dibuat juga agar menarik untuk dibaca.

Jika tulisan kita di apresiasi dengan menjadi juara, pasti sangat bahagia. tapi, kalau tidak menang pun tidak menjadi masalah, karena namanya lomba pasti ada menang dan kalah. Kita yakin tulisan kita sudah bagus. tapi di luar sana ada tulisan orang lain lebih baik lagi dari kita.

Di atas langit masih ada langit. Poinnya adalah AKU MAU BERUSAHA UNTUK MELAKUKAN YANG TERBAIK. jujur, penyesalan yang dapat terjadi dalam diri aku adalah bukan saat tidak memenangkan sebuah lomba. tapi, ketika aku memilih menyerah untuk mengikuti sebuah lomba.

Aku bahagia ketika aku bisa melakukan yang terbaik, meskipun hasil yang didapat tidak selalu memuaskan semua orang. tapi aku puas. karena, aku bisa belajar menulis konten lebih baik lagi. dan pasti setiap aku mengikuti sebuah lomba, aku banyak belajar hal baru.

Menulis untuk lomba memang tidak mudah. butuh berhari-hari untuk menghasilkan sebuah tulisan. Karena asyiknya, terkadang sampel lupa buat masak dan menyiapkan makan anak-anak. bersyukurnya kita hidup di dunia yang serba digital.

Berkat kemajuan teknologi, semua kebutuhan bisa kita lakukan hanya lewat genggaman. aku bisa beli semua kebutuhan aku lewat gawai. termasuk kebutuhan sembako. dan kebutuhan rumah lainnya. jadi tidak keluar rumah pun tidak masalah.

Buat kalian yang tinggal di daerah Surabaya dan sekitarnya pasti lebih enak lagi nih. Karena ada satu aplikasi yang bisa kalian manfaatkan untuk membantu memenuhi sebuah kebutuhan pokok kalian hanya dari rumah melalui gawai kalian. langsung aku cek aplikasi Super namanya.

Aplikasi Super

Langkah Superku Bantu Pemerintah Wujudkan Indonesia Independen Dalam Dunia Digital

Nah, ini dia aplikasinya. Aplikasi super akan membantu kita mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga yang bersaing. Karena di aplikasi super ini sistemnya kulakan. jadi sembako dan bahan kebutuhan harian lainnya bisa kita dapatkan dengan mudah, murah, dan juga efektif. 

"Aplikasi Super selain untuk memenuhi kebutuhan pokok, membeli sembako dan kebutuhan lainnya untuk di jual lagi pun sangat bisa. Karena harga pun bisa di adu. tidak akan rugi untuk menjualnya lagi. selain itu, kita pun bisa Gabung menjadi Mitra Super Center."

Super Center

Super Center adalah program yang di hadirkan aplikasi super untuk para pelanggannya, dengan tujuan untuk memajukan agen, pedagang, dan toko kelontong dengan cara 3P. yaitu Pelatihan, pendapatan tambahan, dan Promosi.


Keunggulan Aplikasi super

1.   Easy to use

2.   Dapat memenuhi semua kebutuhan

3.   Harga bersaing

4.   Pengiriman cepat dan gratis ongkos kirim

5.   Metode pembayarannya bervariatif

6.  Pendaftarannya tidak repot

Untuk mendaftar di aplikasi super ini kita hanya perlu KTP maupun SIM dan nomor telepon yang sudah terdaftar. Pastikan untuk KTP domisili Surabaya dan sekitarnya ya. pasti penasaran kan! Langsung saja download aplikasinya di sini ya. dengan aplikasi super

ini, kita bisa menghasilkan uang juga kan jadinya.


Langkah Superku Bantu Pemerintah Wujudkan Indonesia Independen Dalam Dunia Digital


“Hidup terdiri dari hal-hal kecil. Jarang sekali ada kesempatan ditawarkan untuk melakukan
banyak hal sekaligus. Kebesaran sejati terdiri dari menjadi hebat dalam hal-hal kecil.”

- Charles Simmons -

Kesimpulan

Untuk wujudkan Indonesia yang independen dalam dunia digital, pemerintah maupun pemegang kekuasaan tidak bisa berjalan sendiri. kita pun sebagai masyarakat harus turut membantu dengan apa yang kita bisa.

Untuk seorang blogger, bisa kita mulai dengan menjadi orang yang lebih bijak ketika ingin menyebarkan sebuah informasi melalui dunia internet. jangan sampai tulisan kita menyebabkan hal yang tidak di inginkan.

Meski harus mengerjakan sebuah tulisan dengan kualitas yang baik itu tidak sebentar, dan kadang-kadang merebut waktu kita sebagai seorang ibu untuk menyiapkan kebutuhan rumah, tidak perlu khawatir, karena ada aplikasi super yang siap membantu meringankan tugas kita.

Dari tulisanku ini, aku ingin tunjukan, inilah langkah superku bantu pemerintah wujudkan Indonesia independen dalam dunia digital. aku penasaran juga langkah kecil apa yang sudah kamu lakukan untuk Indonesia tercinta kita?

Sharing di kolom komentar ya!



Sumber : https://superapp.id/ - kominfo.go.id. 

 

 


chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

17 komentar untuk "Langkah Superku Bantu Pemerintah Wujudkan Indonesia Independen Dalam Dunia Digital "

Comment Author Avatar
baru banget denger aplikasi super ini berkat baca blog mba. sepertinya wajib dicoba, tapi masih hanya untuk daerah SBY dan sekitarnya aja kah mba?
Comment Author Avatar
Melalui aplikasi Super ini berarti kita bisa belanja kebutuhan pokok lewat aplikasi ya, sangat praktis dan tentunya membantu menggerakkan roda perekonomian daerah.
Comment Author Avatar
wah akutuh termasuk yang baru tau tentang aplikasi super ini, ternyata keunggulannya banyak juga, ya, seperti:
1. Easy to use
2. Dapat memenuhi semua kebutuhan
3. Harga bersaing
4. Pengiriman cepat dan gratis ongkos kirim
5. Metode pembayarannya bervariatif
6. Pendaftarannya tidak repot
Comment Author Avatar
Jujur baru tahu adanya aplikasi super ini dari blog mba, mau coba unduh ah, siapa tahu ada di dekat tempatku juga
Comment Author Avatar
Yesss, kehadiran aplikasi super ini jadi solusi bagi emak-emak untuk urusan belanja logistik di rumah. Belanja praktis tanpa keluar rumah dengan harga tetap murah, apalagi kalau di Surabaya yang jalanan super riuh, rasanya kalau bisa belanja dari rumah, kenapa tidak, iya kan?
Comment Author Avatar
Di Indonesia makin banyak yang bisa akses internet tapi sayangnya masih ada yang belum menggunakan dengan bijak ya mbak.
Makanya kalau ada kesempatan bikin konten sekalian kita juga edukasi utk berinternet positif.
Btw aplikasi Super ini berarti masih di Surabaya aja ya mbak?
Wah asyik banget kalau ada bebas ongkir ya jadi lbh hemat.

Comment Author Avatar
Kalo ngomongin tentang jadi blogger, akupun bersyukur banget bisa terjun ke dunia blog ini. Banyak ilmu yang aku dapat sekaligus bisa berbagi hal positif buat yang lainnya juga. Ohiya btw aku baru tau aplikasi Super ini mbak, coba aku kepoin dulu ah..
Comment Author Avatar
Sebagai blogger kita punya andil juga dengan berkontribusi dalam membuat konten yang positif dan benar, sehingga bisa menghempaskan konten negatif maupun yang hoax
Comment Author Avatar
setuju banget dengan menjadi blogger, paling tidak kita concern dan membantu menyebarkan informasi dan artikel yang lebih berimbang dan pastinya gak sembarang kaaan
Comment Author Avatar
Aplikasi super bener-bener super praktisnya ya mbak. Bisa bantu melengkapi kebutuhan pokok keluarga tanpa harus repot keluar rumah. Semoga nanti merambah juga ke area Jawa Barat, biar aku bisa nyobain juga. Hehe.
Comment Author Avatar
Sesungguhnya kita semua turut berperan di lingkungan kita lho.
anw, ini aplikasi patut dicoba nih.
Comment Author Avatar
Aku ikutan lomba juga bukan dpt hadiah sbg tujuan utamaku. Aku malah banyak belajar dgn ikutan lomba blog. Riset atau baca2 literasi dulu sblm nulis itu penting bgt.
Comment Author Avatar
setuju banget nih, banyak hal positif yang bisa kita sebarkan ke orang lain melalui internet ini tinggal bagaimana kitanya saja ya mau pilih dan mengupayakan hal yang mana.
paling gemes tuh kalau masih ada aja berita hoax yang dengan mudahnya direshare oleh orang tanpa mengecek kevalidannya.
baru tahu lho ada Aplikasi Super ini, banyak manfaat dan mudah digunakan pula ya :)
Comment Author Avatar
wah keren ya mbak, sekarang gbanyak hal positif yang bisa kita lakukan dan dapatkan dari internet, makin memudahkan segalanya :)
Comment Author Avatar
Senang banget kalau sekarang ini sudah banyak orang yang melek literasi digital, ditambah sekarangkan apa-apa sudah mudah dicari dan akses melalui teknologi digital ya. Jadi kita juga harus pintar-pintar untuk membagikan informasi, harus cek juga kebenarannya.
Comment Author Avatar
Iya, era digital memang harus menyadarkan masyarakat utk melek digital.. blogger pasti bisa adaptasi teknologi yg serba digital ini
Comment Author Avatar
Yap kita sebagai bloger punya peran besar membantu pemerintah untuk edukasi soal literasi digital dan teknologi digital khususnya ke masyarakat awam.

Btw aku baru denger aplikasi Super ini. Semoga nantinya merambah ke kota lain di liar Surabaya yaa.

Kalau tulisan ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa komen dan share ya. terima kasih !