Gaji Blogger didapatkan dari beberapa sumber. Penasaran?

Gaji Blogger didapatkan dari beberapa sumber. Penasaran?

Gaji Blogger didapatkan dari beberapa sumber. Penasaran? - Siapa yang tidak tertarik dengan profesi yang satu ini. menjadi blogger konon bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah yang cukup menggiurkan. benarkah demikian ?

Ucapan tersebut memang benar adanya. menjadi blogger tentu bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dari berbagai sumber. meskipun nominalnya tidak tetap, tapi penghasil tersebut pun bisa di perhitungkan. 

Penasaran bukan dari mana sumber penghasilan seorang blogger ? 

Sumber Penghasilan Blogger

Sumber penghasilan yang di dapat oleh blogger adalah karena adanya kerjasama. bentuk tawaran kerjasama untuk blogger banyak macamnya. dan dari tawaran itulah nantinya seorang blogger bisa menghasilkan pundi-pundi rupiahnya. 

Untuk patokan tarif dalam sebuah bentuk kerjasa dengan seorang blogger, tentu tarifnya tidaklah sama. biasanya menyesuaikan dengan usia blog, traffic blog maupun usia sebuah blog tersebut.

Semakin lama usia blog tersebut, dengan traffic yang sudah tinggi, maka bayarannya pun akan tinggi juga. begitu pun sebaliknya. jadi, saat kita baru memulai membangun sebuah blog, jangan harap bisa langsung mendapatkan earning ya.

Berikut beberapa sumber gaji blogger : 

1. Adsense

Ya, sumber penghasilan pertama yang bisa di dapatkan oleh seorang Blogger adalah adsense atau di kenal dengan iklan. mungkin kalian tidak asing saat membaca sebuah berita, dimana akan terselip iklan di halaman tersebut, 

Iklan yang muncul itu biasanya menyesuikan dengan sesuatu yang sebelumnya sedang kita cari di internet. ia kan ?  itulah adsense. Saat seorang mengklik iklan tersebuh, maka pemiliki laman tersebut akan mendapatkan penghasilannya.


2. Afiliasi

Siapa bilang afiliasi hanya untuk para youtuber saja ? afiliasi berlaku juga untuk blogger. sistem kerjanya adalah saat pengunjung blog mengklik sebuah tautan tertentu. nanti blogger berhak atas hasil penjualan tersebut.

Ada cukup banyak ecommerce besar yang melakukan kerjasama ini dengan para blogger. seperti Lazada, Bukalapak, Shopee dan masih banyak lagi. bagaiaman, kalian tertarik juga menghasilkan cuan dari program afiliasi ?


3. Event

Banyak event-event besar yang juga di ikut sertakan untuk para blogger, misalnya pembukaan sebuah resto, event musik, event bazar, Fashion, yang mengundang blogger untuk menuliskan keseruan dari rangkaian acara tersebut di dalam blog mereka.

Dari kerjasama ini, blogger tentunya akan mendapatkan banyak fasilitas juga. seperti biaya transportasi, tiket event, goodie bag, dan biasanya fee juga. untuk event ini sebenarnya benefitnya pun beragam ya. selain dari beragam benefit tersebut. dengan keikut setaan kita dalam sebuah event, akan menambah koneksi pastinya.


4. Content Placement

Content placement cukup banyak di minati oleh para blogger, cara kerja content placement adalah kita sebagai blogger hanya bertugas menerbitkan artikel yang bukan hasil karya kita. jadi sebuah artikel sudah di buatkan oleh brand tersebut. dan kita hanya mempublikasikannya.

Content placement tentu memiliki bayaran yang berbeda dengan bentuk kerjasama lainnya ya. karena sifatnya hanya menitipkan sebuah artikel. tidak membuatnya. tapi cuannya lumayan kan buat jajan. hehe


5. Sponsored post

Sponsor post adalah bentuk kerjasama yang bisa di perhitungkan juga. dalam sponsored post ini blogger bertugas membuat artikel tentang sebuah produk dari brand tertentu. dimana blogger membuat tulisan yang biasanya sudah di tentukan poin-poinnya dari klien.

Bentuk tulisannya pun beragam, misalnya untuk brand produk, ada brand yang minta hard-selling dan banyak juga yang soft-selling, selain itu mereka pun biasanya meminta kita untuk menyisipkan link yang tertaut dengan produk mereka.

Poin utama dalam mengerjakan sebuah sponsored post adalah komunikasi yang baik. agar kita bisa menghasilkan sebuah tulisan yang disukai oleh klien. saat kita bisa memberikan tulisan yang mereka sukai. bukan tidak mungkin mereka akan mengajak kerjasama.


6. Content Writer

Sebagai blogger, melakoni peran sebagai content writer tentu menjadi hal yang tidak sulit. itulah mengapa brand tak jarang menarik para bloger untuk menjadi content writer di blog ataupun websitenya mereka. 

Disini blogger di tugaskan untuk membuat berbagai macam konten yang berhubungan dengan brand tersebut pastinya. blogger pun pastinya akan di bayar sesuai kesepakatan yang telah di buat pada kontrak.


7. Menjadi Narasumber

Seorang blogger profesional, tak jarang di undang sebagai pembicara di berbagai acara. biasnya blogger di minta berbicara mengenai keahliannya di blog ataupun bercerita pengalamannya sebagai blogger. 

Meskipun merasa bukan siapa-siapa. tapi dari acara seperti itu, blogger pun akan mendapatkan banyak benefit selain pundi rupiah pastinya, blogger pun memilki pengalaman dan meningkatkan personal brandingnya juga sebagai blogger.

Itulah beberapa sumber penghasilan gaji blogger. gimana, apa kamu tertarik juga untuk menjadi seorang blogger ? kalau kamu suka menulis dan ingin mencobanya. boleh kok. yuk taman-teman blogger lainnya sharing di kolom komentar. semoga bisa memberikan insigh ya. 


Bagaimana agar blog menghasilkan uang?

  1.  Buat Blog yang sesuai dengan niche / keahlian kita
  2.  Buat blog dengan tulisan yang baik
  3.  Buat tulisan yang bermanfaat untuk orang lain
  4. Fokus untuk terus mengupgrade isi blog
  5.  Jangan ikut-ikutan. Carilah jati diri kita sendiri di dalam tulisan blog

 

Dari mana gaji blogger di dapatkan?

Gaji blogger di dapatkan dari berbagai bentuk kerjasama. Seperti Adsense, Afiliasi, Event, Content Placement, Content Writer, dan Sponsored post.

 
Berapa lama menghasilkan uang dari blog?

Untuk blogger pemula yang baru banget belajar, bisa menghasilkan uang dari blog sekitar 8 bulan hingga 1 tahun dari berbagai bentuk kerjsama. Sedangkan dari adsense biasanya menyesuaikan dengan traffic yang masuk ke blog kita.

 

Apa yang harus dilakukan oleh blogger pemula?

Tips untuk blogger pemula agar bisa menghasilkan uang dari blognya adalah dengan cara :

  1.  Latihan menulis di blog
  2. Buat blog dengan templete yang simpel dan cepat
  3. Optimasikan dengan belajar SEO
  4.  Promosikan tulisan yang di buat
  5.  Bangun personal branding yang baik
  6. Tentukan Niche yang sesuai dengan kita
  7. Bergabung dengan komunitas blogger
  8. Bangun hubungan baik dengan sesama blogger maupun brand

 

Apakah menjadi Blogger harus membayar?

Tidak, untuk mejadi blogger kita di pungut biaya sepersen pun. Platform yang cukup di minati untuk saat ini adalah blogspot dan wordpress.

 



chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

16 komentar untuk "Gaji Blogger didapatkan dari beberapa sumber. Penasaran?"

Comment Author Avatar
Dari ke tujuh hal diatas aq paling suka kalo datang ke suatu event kak, soalnya bisa ketemu teman2 lama dan teman baru.
Comment Author Avatar
Dari semua 7 hal di atas, yang belum pernah dapat adsense sama affiliate. Adsense masih baru aja diaccept, jadi masih panjang perjalanan PO nya wkwkwk. Paling seneng kalalu bisa datang event, karena bisa ngumpul sama sesama blogger, sayang pandemi bikin semua online online online.. moga2 bisa segera ada event offline.. udah kangen ketemu teman2 seperjuangan wkwk.
Comment Author Avatar
No 7 sih aku belum hihi, tapi sadar diri juga sih masih newbie dan harus banyak belajar dulu
Comment Author Avatar
bangga nih sebagai full time blogger, hihi.. semoga kita semua bisa jadi blogger sukses ya, mbak Rin, aamiin..
Comment Author Avatar
Hehehe nyubi blogger kek saya mah belum sampe ke tahap gajian 😁 trims tipsnya kk cantik
Comment Author Avatar
Alhamdulillah ternyata jadi bloger banyak sumber penghasilannya ya hehe. Semangat kita semuanya ..
Comment Author Avatar
Sekarang nih blogger udah ngga bisa dipandang sebelah mata karena nyatanya bisa dijadikan pekerjaan utama dengan berbagai peluang yang bisa mendatangkan cuan. Semangat!
Comment Author Avatar
Aku pun yang baru sekirat 2 tahun serius ngelola blogger sudah merasakan dan menikmati hasilnya yang ternyata "lumayan" juga nih hihi Alhamdulillah di rumah aja jadi bisa tetep ada tabungan yaaa :) semangat para blogger!
Comment Author Avatar
wah aku mah ini blogger pemula heheh belum satu tahun usia blogku tapi membaca ini jadi nambah wawasan aku gak tahu konten placement sama sponsor post ini gmna di sini jadi lumayan lah ngerti bedanya heheh

aku juga masih belajar nih pokoknay rajin posting
Comment Author Avatar
Wadaw paling pertama langsung bahas adsense. Hihi aku sejauh ini belum berani sih menceburkan diri di ranah adsence sama affiliate. Pernah dapat tawaran affiliatte tapi ketika eungeuh kok nantinya si laporan kliknya nggak ada keterbukaan, aku jadi mundur teratur. Nah kalo adsense, memang akunya yang belum berani mencoba.
Comment Author Avatar
Bener bangett mba, aku duluu juga butuh waktu satu tahun lebih baru "ada hasilnya". Itupun karena nyari2 komunitas blogger dan belajar 3 bulan untuk SEO dan lain sebagainya.. Emang butuh effort tapi itu jadi investasi mahal untuk blog kita seumur hidup
Comment Author Avatar
Makin semangay nih baca artikelnya mbam semangat nulis karena suka dan (alhamdulillah) cuan. Semoga para blogger sukses terus, update terus dan rezekinya lancar. Even nulis aja tanpa optimasipun tetep happy saat orang lain bisa mengambil manfaat dari tulisan kita ya mba :')
Comment Author Avatar
Tinggal 2 sumber lagi nih yang perlu aku jabanin biar semua keran penghasilan blogger bisa aku dapetin.
makasih insightnya ya mbak...
Comment Author Avatar
Saya masih belajar terus menjadi full time blogger, sudah menjiwai seklai menulis di blog. Rasanya seperti me time ❤
Comment Author Avatar
Nambahin dong, gaji blogger juga bisa dari menang lomba wkwkk. Masih terus belajar nih biar bisa gajian terus sambil ngeblog. Asyik juga punya passion tapi menghasilkan cuan.
Comment Author Avatar
blogger ga cuma jadi hobi ya, tapi jadi penghasilan. apapun itu semoga tambah berkah ya mbak!

Kalau tulisan ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa komen dan share ya. terima kasih !