Cara Menghilangkan Noda Hitam Di Baju Berikut Tipsnya!

Cara Menghilangkan Noda Hitam Di Baju Berikut Tipsnya!

Cara Menghilangkan Noda Hitam Di Baju - Salah saru rutinitas harianku yang tidak pernah terlewat adalah mencuci baju. mulai dari baju anak-anak yang kadang nodanya itu gak bisa di bendung lagi. sampai baju papahnya anak-anak.

Seperti yang kita tahu, anak-anak ini kan setiap harinya asik main saja ya, tanpa memerperdulikan baju yang mereka pakai, alhasil, noda pada pakaian pun banyak menempel.


Bagaimana cara menghilangkan noda hitam di baju ? agar warna baju tetap cerah dan terawat ? sehingga baju akan jadi lebih awet untuk di kenakan.sebenarnya ada banyak cara loh! mulai dari cara memakain bahan tradisional, hingga cara yang biasa orang gunakan.  


Berikut beberapa tips, cara menghilangkan noda hitam di baju yang bisa di coba :

1. Lemon dan Garam

Cara pertama yang bisa di lakukan untuk menghilangkan noda hitam pada baju adalah dengan perasan air lemon yang di rendam dengan air hangat. jangan lupa untuk di masukan garam secukupnya. 

Cara Menghilangkan Noda Hitam Di Baju Berikut Tipsnya!

Diamkan rendaman baju tersebut beberapa menit. paling lama setengah jam ya. setelah selesai, kucek baju atau di cuci seperti biasanya. karena metode ini di lakukan dengan cara alami, biasanya ampuh di lakukan untuk noda yang ringan ya.


2. Bayclin

Untuk sebagaian orang, bayclin memang menjadi salah satu tips jitu ketika mencuci pakaian berwarna putih, agar pakaian putih terlihat putih terus. namau, saat merendam pakaian dengan bayclin, pastikan unuk tidak mencampurnya dengan pakaian berwarna lainnya ya. karena akan merusak warna pada pakaian tersebut.

Kalau untuk aku cairan bayclin ini terbilang cukup keras. dengan bau yang cukup tajam. tapi memang cukup ampuh untuk noda yang membandel. karena bayclin merupakan salah satu pemutih pakaian berbahan kimia.


3. Odol

Cara Menghilangkan Noda Hitam Di Baju Berikut Tipsnya!

Sejujurnya  ini salah satu tips yang suka aku lakukan juga saat mendapati pakaian yang terkena noda saus, kecap, pulpen dan semacamnya. apa kalian pernah nyoba juga ? saat pakaian terkena noda saus, ataupun kecap. sesegera mungkin di bilas dan di cuci dengan odol untuk pakaian yang terkenanya saja.


Setelah itu, baru cuci seperti biasanya. intinya saat mendapati pakaian yang terkena noda. harus segera di cuci ya. jangan di diamkan berhari-hari karena akan merusak warna baju dan juga mempersulit noda untuk di hilangkan.

"Odol juga biasa aku gunakan untuk menghilangkan goresan-goresan ringan pada mobil."


4. Sunlight

Ya, Sunlight yang biasa kita pakai untuk mencuci perabotan rumah tangga. seperti gelas, piring, dan panci-pancian. ternyata ampuh loh untuk menghilangkan noda pada baju. dengan cara yang mudah, cukup di oles dan diamkan beberapa saat pada baju yang terkena noda.

Ini salah satu yang pernah aku lakukan juga saat mendapati baju yang terkena noda, ternyata dengan sunlight pun noda yang cukup sulit di bersihkan seperti noda kena saus dan pulpen menjadi cukup mudah untuk di bersihkan.

Bagaimana tertarik untuk mencoba juga ?


5. Detergen Remover

Cara menghilangan noda hitam dibaju yang cukup sering aku pakai adalah dengan detergen remover ini, biasanya berbentuk serbuk bulatan gitu. tekturnya seperti bebatuan kecil. dan wanginya juga cendrung lebih lembut.

Ada berbagai macam merek yang di jual di pasaran. kalian bisa pilih dan menyesuaikan dengan kebutuhan. yang aku suka dari detergen remover ini karena kandunganya yang cendrung lebih soft.

Detergen remover ini, biasanya membantu untuk membersihkan noda-noda yang ringan di baju, seperti noda jamur, baju yang terlihat dekil, baju yang warnanya kusam. menjadi lebih cerah lagi. 

Untuk pemakaiannya sendiri. biasanya aku menggabungkan cucian berbagai warna dalam satu mesin cuci. kemudian, aku masukan detergen remover kedalam cucian tersebut. untuk takarannya menyesuaikan dengan berapa banyak baju yang akan di cuci. 


Kesimpulan

Itulah 5 Cara Menghilangkan Noda Hitam Di Baju Berikut Tipsnya! yang bisa teman-teman coba juga dirumah. dari kelima tips tersebut. pemakaian detergen remover adalah yang paling aku sukai. 

Karena dengan memakai detergen remover, mencuci baju bernoda menjadi lebih simpel kalau buat aku. dan gak perlu repot memisahkan aneka warna pakaianan. apa kalian punya cara lain untuk menghilangkan noda hitam di baju ? 

chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

15 komentar untuk "Cara Menghilangkan Noda Hitam Di Baju Berikut Tipsnya!"

Comment Author Avatar
Noda bandel memamg bikin kesel ya mbak, aku biasanya pake bayclen aja ternyata garam dan lemon bisa juga dipakai sebagai bahan pembersih noda
Comment Author Avatar
Noda hitam itu kayak baju yg jamuran gitu ya mbak? Tips nya mantap nih buat di coba. Buat baju berwarna aman kan?
Comment Author Avatar
Kebetulan baju favorit anak kena noda membandel, boleh cobain deh biar kembali cerah bajunya..
Comment Author Avatar
Oh iya aku juga pakai deterjen remover untuk segala macam noda bandel teh apalagi untuk noda hitam ini,, makasih tipsnya teh mau nyobain yang pake odol
Comment Author Avatar
wah aku blum prnah. nyoba nih semuanya, aku mau coba ah, biasany noda hitam aku sikat danbikin perih di tangan uey, wah sip idenya mbak. apalgi kebtulan ada lemon di rumah. btw kalo sunlogh ini apa bisa merk lain ya
Comment Author Avatar
Ibuku ngajarinnya make bayclean mba aku terapin sampai sekarang nih hehehe
emang ampuh, akalau nggak make sitrun.makasih tipsnya yang lain mba Rin
Comment Author Avatar
Wah baru ngeh nii mbaa, bajuku ada banyak noda hitam entah karena spidol atau pulpen, ada juga karena kena olii motor zzzz sebel kalo udah gituu. aku praktekin aah
Comment Author Avatar
Saya baru tahu lho soal deterjen remover ini. Otw gugeling ah
Comment Author Avatar
Baru ngeh ternyata odol punya kemampuan ngilangin noda bandel macem giniii. Bakal ngasih tahu adikku nih, secara dia kerja di tempat yang cepat bikin baju kotor nih, makasih infonya yah kak
Comment Author Avatar
eh bisa ya pakai barang-barang simple yang ada di rumah :) kudu di save nih :)
Comment Author Avatar
Makasih mba Rin. Wahhh odol sisa bisa banget nih ya buat stok ngilangin noda biasanya aku buang gitu aja. Makasih tipsnya mba Rin
Comment Author Avatar
Aku juga pernah coba beberapa cara di atas terutama pake bayclin, ampuh banget ilangin noda di baju
Comment Author Avatar
Klo di rumah pakenya Vani** . Dia ngilangin noda tp gak ngerusak warna baju. Tq tipsnya mbak
Comment Author Avatar
Pas banget mbak, aku lagi cari ini seragam suami kena noda pulpen di sakunya, kerudung anakku ada bekas coretan spidol juga
Comment Author Avatar
aku belum pernah pakai sunlight nih, tapi sukanya pakai sabun batang, hihi.. malah jadi ternyata banyaknya bahan yang menghilangkan noda itu selain detergent ya

Kalau tulisan ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa komen dan share ya. terima kasih !