Resep Membuat Marag Di Jamin Enak Begitulah Caraku Menghadirkan Tradisi Dalam Keluarga


Resep Membuat Marag Di Jamin Enak Begitulah Caraku Menghadirkan Tradisi Dalam Keluarga - Mengenalkan sebuah tradisi dalam keluarga, bahkan yang lebih besar seeperti kota dan negara, salah satunya adalah dengan mengenalkan makannya.

Begitupun dalam keluargaku. salah tradsis yang ada dalam keluarga adalah membuat olahan khas daging kambing yang enak dan menggugah selera. marag namanya. marag bisa di bilang semacam sup daging kambing, namun tanpa sayur dan dengan bumbu rempah yang cukup pekat khas arab.

Untuk membuat Marag sebenarnya cukup mudah dan simpel, hanya di butuhkan banyak bumbu saja. yang tak kalah penting adalah memilih bahan-bahan yang berkualitas baik. untuk dapat menciptakan Marag yang enak. pastikan untuk memakai daging kambing yang muda ya.

Kalau kalian bingung atau bosan dengan kreasi yang itu-itu saja, Marag bisa di jadikan salah satu alternatif nih. langsung saja yuk kita ke pembuatannya. pastikan kalian tidak skip ya. karena bakalan nyesel. hehe

Bahan-bahan :

  1. Kambing muda
  2. Margarin
  3. Bawang bombay
  4. bawang merah
  5. bawang putih
  6. Merica
  7. Jahe
  8. Kayu Manis
  9. Kapol
  10. Pala
  11. kunyit
  12. Jinten
  13. Cengkeh
  14. Gula
  15. Garam 
  16. Penyedap
  17. Daun salam

Cara Membuat :

  1. Daging kambing pastikan tidak di cuci ya agar tidak ada bau prengusnya. untuk membersihkan daging kambing cukup rebus dalam air mendidih yang sudah di campur dengan daun salam selama 15 menit, lalu tiriskan
  2. Siapkan Bumbu halus ( bawang merah, putih, kunyit, merica, jahe, jinten, pala, kapol, cengkeh ) 
  3. Panaskan margarin dalam wajan, setelah panas, masukan bawang bombay. setelah layu masukan bumbu halus, tumis sampai harum dan berubah warna.
  4. Siapkan panci presto yang sudah di isi air dan biarkan mendidih. saat sudah mendidih, masukan daging kambing yang sudah di tiriskan tadi beserta bumbu yang sudah di tumis. masukan gula, garam, penyedap rasa dan tomat. setelah rasanya pas tutup panci presto dan biarkan dalam presto selama 30 Menit.
  5. Marag pun siap untuk di hidangkan. jangan lupa barang goreng dan acar sebagai pelengkap.
Mudah bukan ? untuk kalian yang tidak punya presto tidak masalah karena bisa masak di wajan biasa dengan waktu masak yang lebih lama tentunya. untuk takaran bumbunya sendiri bisa di sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing tergantung banyak dan dikitnya daging kambing yang di masak.

Itulah caraku menghadirkan dan menjaga tradisi dalam keluarga dengan sebuah masakan yang biasa di hadirkan di waktu-waktu istimewa. seperti lebaran dan kumpul keluarga. kalau kalian gimana ? sharing yuk di kolom komentar. selama mencoba!


chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

2 komentar untuk "Resep Membuat Marag Di Jamin Enak Begitulah Caraku Menghadirkan Tradisi Dalam Keluarga "

Comment Author Avatar
eh ga usah dicuci dulu ya kambingnya, baru tahu.. mba rina ini ada keturunan arabnya yaa,,.. Marag ini aku baru tahu sih..
Comment Author Avatar
aiishhh, dapat resep marag warisan... daging kambing qurban di kulkas belum diolah sama sekali nih.

Kalau tulisan ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa komen dan share ya. terima kasih !