Pengalaman Camping di Mandalawangi Mulai dari 100 Ribuan

Pengalaman Camping di Mandalawangi Mulai dari 100 Ribuan - Liburan sejenak untuk sekedar refreshing dari penatnya rutinitas harian menjadi hal yang penting untuk sebagian orang, terutama untuk orang-orang yang tinggal di kota kota besar.

Nah, kali ini aku mau rekomendasiin wisata alam yang asik banget, tempatnya ada di cianjur. lokasinya tidak jauh dari puncak kok. yaitu di bawah kaki gunung gede pangrango. namanya yaitu Bumi Perkemahan Mandalawangi.

Perjalanan dari rumahku di tangerang sampai ke mandalawangi sekitar 3 jam dengan catatan tidak macet ya dan tidak banyak singgah. tapi berhubung aku kesana bareng keluarga juga dan anak-anak, jadi gak mungkin bepergian tanpa singgah. ya kan hahaha

Awal perjalanan ini sebenarnya nih karena suami libur kerja. dan kalau lagi libur kerja tanpa melakukan sesuatu yang berkesan itu merasa kurang. mengingat hari-hari suami yang kalau udah kerja itu berangkat pagi pulang malam. sebenarnya aku ngajak liburan ke tempat yang pernah viral beberapa waktu lalu di banten. pada tau kan dimana ? yaaaa di negeri di atas awan.

Awalnya kita sekeluarga mau kesana, kami memutuskan kesana karena dengan berbagai pertimbagan. di antara nya adalah akses jalan yang tidak macet, udah gitu sekarang dalam keadaan weekday pasti sepi disana. saat sudah punya rencana bulat, ternyata Allah berkehendak lain. sehari sebelum keberangkatan ada bencana. Jembatan akses jalan menuju negeri diatas awan ini longsor kembali. mengingat sebelumnya pun beberapa kali pernah terjadi hal serupa.

Akhirnya kami memutuskan untuk membatalkan rencana liburan ke negeri di atas awan itu. dan aku tidak punya rencana liburan ke tempat lain. apalagi untuk ke daerah puncak kan. khawatirnya macet dan ramai. membuat liburan menjadi tidak menyenangkan menurutku.

Saat siang hari di rumah kebetulan keluarga lagi pada main dan ngumpul semua. akhirnya mereka mulai mencari alternatif lain untuk tempat liburan, akhirnya memutuskan untuk berkemah. akhirnya kami berangkat sekitar pukul 5.30 sore haha baru sampai cikokol udah adzan magrib.

sampai di rest area pertama kami sholat. dalam benar saja firasatku kalau perjalanan malam ini pasti cukup ramai, akhirnya membuat perjalanan kita lebih lama lagi sekitar 6 jam. karena di jalan beberapa kali berhenti untuk sholat, sekedar ke toilet dan isi bensin. dan sekitar pukul 11 malam akhirnya kami sampai juga.

Setiap kita ingin berwisata kemanapun tempatnya, kita pasti ingin tahu semuanya dulu ya, mulai dari harga tiket masuk, dan apa saja fasilitas yang bisa kita dapatkan juga wahana apa saja yang bisa kita nikmati di suatu tempat wisata, dan sekarang aku mau kasih tau nih semuanya berdasarkan experience aku tentunya. yuk kita mulai.

Sebelum kita berkemah nih sebenarnya ada banyak persiapan yang harus kita lakukan loh, agar tidak seperti aku saat pertama kali kesana, hahaaha terutama liburan bareng keluarga besar. membuat banyak pengeluaran tak terduga yang membuat dompet menangis. hehe

Persiapan yang perlu dibawa

1. Jaket dan baju hangat lainnya. seperti topi, kaos kaki, mantel, sarung tangan bila perlu. ini yang pertama dan penting banget, karena saat malam hari, udara di kemah sangat dingin, akupun yang sudah memakai jaket tebal masih merasa dingin.
  2. Minuman serbuk untuk menghangatkan badan, seperti kopi, teh, minuman jahe juga Ok tuh yang tinggal seduh ya tentunya. ini enak banget kan kalau bangun pagi menikmati alam sambil minum yang hangat-hangat.
  3. Termos ataupun botol tahan panas. mau termos gede atau yang kecil gak masalah sih yang penting dibawa. ini nanti buat persediaan air hangat kita untuk minum.
  4. Perbekalan secukupnya ya, biar lebih hemat jadi gak banyak pengeluaran. dan jajan di luar. bukan hanya karena biasanya harga yang lebih mahal. tapi juga kebersihan yang tidak terjamin menjadi  jangan hanya konsumsi mie ya haha
  5. Mejikom kecil. lebih enaknya lagi sih bawa presto listrik haha. dengan mejikom kita jadi bebas makan nasi. apalagi kalau liburannya sekeluarga kaya aku. jadi liburannya tidak banyak konsumsi mie kaya aku waktu itu ya.

Harga tiket masuk bumi perkemahan Mandalawangi

Untuk biaya masuk kesini relatif cukup murah  loh, yaitu hanya sekitar 24 ribu rupiah saja perorang, anak di bawah 3 tahun tidak di hitung. saat itu kebetulan aku weekday ya bukan weekend. jadi kalau weekend tiket masuknya pasti lebih dari itu ya. Dan untuk mobil yang menginap tiketnya delapan ribu rupiah.

Sewa Tenda di Bumi Perkemahan Mandalawangi

Untuk tenda ini pastinya kita bakal sewa ya, harganya pun variatif mulai dari yang 100 ribuan - 300 ribu harga sesuai dengan ukuran tenda. jadi kita bisa menyewa tenda menyesuaikan dengan berapa orang ya akan menginap di tenda. kalau untuk 2-3 orang kita bisa sewa tenda dengan harga 200 ribuan sudah cukup.

Selain tenda ada lagi loh yang menurutku wajib juga kita sewa yaitu colokan listrik. yang nantinya bisa kita pakai untuk cas handphone ataupun masak di mejikom. karena listrik di sini kita diberi listrik secara cuma-cuma alias gratis. harga sewa colokan untuk satu hari adalah  delapan puluh ribu. menurutku ini cukup mahal sih haha, tapi mau gimana lagi kita memang butuh. jadi mau gak tidak mau pasti kita sewa. begitupun dengan lampu. jadi saat malam di kemah ini sudah pasti gelap ya. kecuali kalian mau menyewa lampu juga agar di depan tenda kalian bisa terang. harga sewa lampu ini tentunya jauh lebih mahal dari sewa colokan. kalau satu paket dengan colokan sekitar dua ratus ribuan.

Barang yang bisa kita sewa di bumi perkemahan Mandalawangi

selain tenda jadi sebenarnya ada banyak yang bisa kita sewa di bumi perkemahan mandalawangi ini. oya ini hanya beberapa yang aku tahu ya.

• Tenda
  • Colokan
  • Dispenser
  • Kasur set ( kasur, bantal, selimut ) dengan harga 50.000
  • Alat Masak
  • villa. yaa di sini ada villa juga yang bisa kit sewa kalau tidak ingin di tenda.
  • Toilet umum yang bisa kita bayar 5000 rupiah per orang dalam 1 hari. agar tidak bolak-balik bayar.

Oya aku punya cerita lucu deh. saat sedang di kemah itu aku kan baru pertama kali jadi tidak terlalu memperhatikan seksama model tenda yang ternyata ada resleting bawahnya untuk menutup semua bagian tenda, agar tidak ada udara luar yang masuk saat tidur. aku gak tau kalau itu ada. dan saat malam udara dingin sangat menusuk dada sampai aku terbangun di tengah malam. dan anak-anak pun kedingingan padahal udah pakai jaket dan baju berlapis.

Adzan subuh pun berkumandang, aku seketika terbangun dan melihat atap tenda yang basah aku pikir tenda bocor karena hujan semalam. ternyata itu hanya lembab dari udara dingin yang masuk. dalam hatiku berkata "sedingin ini yah ternyata tidur di luar. kaya nya aku gak sanggup deh kalau harus menginap lagi di tempat seperti ini.

Saat pagi adikku bertanya : "semalem  dingin gak ? "ia dingin banget. ( jawabku )

Dan adikku memberi tahu dan  kalau ternyata kita tidak menutup resleting tenda bagian bawahnya. hahahahaha gemes banget sih beneran. pengalaman yang tidak mungkin terlupa. ternyata ketidaknyaman semalam hanya karena ketidaktahuan ku. dan salahnya aku tidak bertanya. sampai membuat anak-anak menggigil tengah malam. ( maafin ya kakak abang hehe)

Setelah selesai sholat subuh aku berusaha untuk memejamkan mata berharap bisa tertidur kembali, karena baru tidur sekitar 3 jam saja, tapi ternyata usaha itu sia-sia. badan dan muka yang sudah terkena air membuat aku tidak bisa lagi tidur.

Langit mulai terang aku mulai keluar dari tenda untuk menikmati suasana pagi di bawah gunung gede Pangrango ini, menikmati suasana yang tidak pernah aku rasakan sambil di temani segelas kopi dan roti hangat sebagai sarapan.

karena saat berkemah ini aku datang malam, jadi pagi inilah saatnya aku dan keluargaku mengexplore arena perkemahan mandalawangi ini. dan ternyata sangat luas dengan area tanjakan dan turunan dan di setiap bukit itu ada banyak orang yang berkemah juga. jadi kita bisa bebas memilih ingin berkemah di mana. dan di setiap kawasannya itu ada orang yang mengakomodir.

Tips saat berpergian

karena banyaknya pengalaman yang menurutku kurang enak ini, meskipun pada kenyataannya harus dinikmati juga biar liburannya tetap happy, aku mau ngasih sedikit tips yang bisa kita pakai saat ingin merencanakan sesuatu atau liburan terutama bersama keluarga besar.

1. Siapkan dana lebih, karena banyak juga pengeluaran mendadak yang harus kita keluarkan, seperti misalnya harus membayar banyak parkir, untuk ke toilet dan kebutuhan lainnya.
  2. Sebisa mungkin liburan di tempat yang ramah anak kalau membawa keluarga
  3. Persiapkan rencana secara matang tempat yang akan dituju.
  4. Persiapkan perbekalan dan cemilan serta air mineral yang cukup agar tidak membuang waktu lagi untuk mampir dan membeli semua itu.
  5. Have fun nikmatilah liburan dengan senang hati. hehe

Di sini banyak juga loh spot foto yang bagus-bagus. Ada air terjun yang tidak banyak orang ketahui. Namanya Air Terjun Rawa Gede. Disana kalian bebas untuk bermain air atau sekedar membasuh muka. Dan jaraknya pun tidak jauh hanya sekitar 1 km saja.

Beginilah Pengalaman Camping di Mandalawangi Mulai dari 100 Ribuan. kalau masih ada yang kalian penasaran atau ingin di tanya langsung aja di kolom komentar ya. kalau dirasa artikel ini bermanfaat. bisa di share ke teman atau keluarga kalian ya.

Setelah dari bumi perkemahan ini, aku pergi ke kebun raya cibodas dan aku di buat takjub dengan keindahannya. kalian pasti penasaran kan! so, kalian bisa langsung baca artikelnya di link berikut " keindahan kebun raya cibodas ".

chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

10 komentar untuk "Pengalaman Camping di Mandalawangi Mulai dari 100 Ribuan"

Comment Author Avatar
duh asik banget camping. aku pengen kemping, tapi cuma berdua suami sih mana seru ya. kebiasaan cuma pergi berdua aja sih.
kangen banget open tent kayak gini mba rin, aku jadi mau rekomendisiin Cibodas ini buat next trip!
Pingin ih kemping lagiiii. Kira2 kalo bawa 3 bocah rempong banget ngga mba? Hahah
Comment Author Avatar
kalau udah pada gede dan banyakan sih seru-seru aja mba. aku juga bareng anak-anak sepupu banyak seru.
aduh, mupeng akutuh.. jadi pengen ke Kintamani sini deh, soalnya suasananya mirip-mirip sama Mandalawangi Cibodas ini, hihi..
Kalo punya tenda sendiri boleh ga sih mom untuk bawa sendiri jadi ga harus nyewa yang ada di sana?
Comment Author Avatar
sepertinya bisa mba. cuma kayanya kalau bawa sendri rempong deh. akses jalannya kan lumayan. belum lagi perabotan lain-lain.
Seru juga yaa lama banget euy ngga kemah. EMang kapan ya terakhir kemah? Kayaknya pas SD huhu. Seru banget pasti kalau kemah umur segini bareng2 sama suami dan anak. Thanks referensinya mbaa
Ini kapan mbak rina? Sblm psbb kan. Duh mupeng bgt kemah di alam gini. Aku nunggu si bayi udh paud kali ya bs kemah2an. Salah satu alternatif buat family camping di mandalawangi ini ya, tempatnya ga jauh jg dr rmh
Comment Author Avatar
baru-baru kok mba setelah nulis artikel ini. kalu sekarang uah masuk 3 bulan ya. aku kesan pas pandemi juga. kalau sekarang kayanya lebih baik stay dulu ya. covid semakin meningkat aja angkanya. sedih.

Kalau tulisan ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa komen dan share ya. terima kasih !