Tips agar tetap Waras menemani anak-anak di masa pandemi


tips-tetap-waras-saat-pandemi

Tidak di pungkiri keadaaan pandemi yang sudah masuk 1 tahun ini sungguh menjadi ujian berat untuk semua ya, begitupun bagi kita sebagai orangtua yang setiap harinya harus menjalani tugas dan peran yang luarbiasa. kita harus bisa menjadi ibu yang Multitasking. terkadang menjadi teman main, guru, sekaligus merawat anak-anak setiap harinya. mulai dari kebutuhan sandang dan pangannya. 

Harapan kita semua bahwa awal tahun ini pandemi sudah usai. tapi pada kenyataannya masih banyak yang terkena wabah ini. sampai akhirnya sekolah pun terpaksa tidak bisa di lakukan secara tatap muka lagi di sekolah. awal tahun ini awal baru lagi untuk kita menjalankan hari-hari yang bisa di bilang cukup berat ya. 

Bukan untuk mengeluh dan meratapi apa yang terjadi. tulisan ini aku buat untuk kita merefresh dan merenungkan kembali semua yang sudah terjadi di  belakang. di masa di mana kita merasa kaget dan bingung menjalani hari-hari baru. tapi sekarang ? tentu bukan hal baru lagi ya untuk kita. di tahun ini kita harus sudah terbiasa untuk menjalani kehidupan new normal yang luwes.

Memang banyak dari kita yang masih merasa berat untuk menjalani hari-hari. tapi hidup kita ini bukan untuk mengeluhkan keadaan ini terus. kita harus sudah terbiasa dengan ini semua dan memang seharusnya kita sudah punya tips untuk menlani hidup dengan penuh rasa bahagia especially keseharian kita yang cuma di rumah saja bareng anak-anak. 

 Tips agar tetap waras dirumah :


tips-bahagia

💙Pandemi bukan akhir segalanya.

ini poin pertama yang harus ada dalam mindset kita. pandemi ini memang bukan akhir dari segalnya. bukan karena pandemi kita tidak bisa melakukan apa-apa. sebenarnya selama ada kemauan apapun yang ingin ktia raih akan tercapai kok.


💚Tetaplah semangat meski hari-hari yang kita jalani berat.

bagaimana cara kita memasukan mindset hidup bahagia dalam pikiran kita ? kalau aku, hilangkan rasa suka mengeluh dan  coba ikhlas ( menerima semua ketetapan yang sudah di takdirkan ) bukan berarti pasrah tanpa melakukan apa-apa ya. kalau ada yang perlu kita rubah ya rubah saja dengan perlahan dan bahagia.


💛Punya Hobi.

Ini salah satu yang membuat aku tidak pernah bosan menjalani rutinitas harianku di rumah. semua orang pun pasti merasakan bosan kalau hanya itu-itu saja yang mereka lakukan. jadi menurutku kita memang harus punya sesuatu yang membuat hidup kita lebih bahagia. yang membuat kita lebih bersemangat menjalani keseharian kita. salah satunya ya dengan hobi. 

Apa hobi kalian ? kalau kalian gak punya juga coba pikirin deh kegiatan apa yang ingin kalian coba atau kegiatan apa yang kalian merasa bahagia saat melakukannya ? coba renungkan itu. dari hal yang kalian sukai coba di kerucutkan lagi mana yang paling kalian suka untuk kemudian di kembangkan. lambat laun kalian akan menemukan suatu kegiatan yang ingin kalian dalami. selamat itu positif terus lakukan ya.


💜Buat Target.

ini balik lagi ketulisan aku tentang sebuah Resolusi. sekarang masih awal bulan belum terlambat untuk kita membuat target apa saja yang ingin kita capai. agar apa ? agar hidup kita itu ngga flet pastinya. kalau kita hanya menjalani hidup seperti air mengalir tanpa ada target. hidup kita akan biasa-biasa saja loh ! 

ketika kita sudah punya target baik harian, bulanan, ataupun tahunan sekalipun. hidup kita akan lebih terarah dan tidak ada lagi kata bosan dengan rutinitas. 

💓Biarkan anak belajar santai

Belajar santai di sini adalah menciptakan suasa belajar yang nyaman dan tenang. tidak memaksakan kehendak kita terhadap anak dan tidak juga menuntut. biarkan anak-anak belajar sesuai dengan kemampuannya. agar anak pun tidak stres.

Ingat ya Moms setiap anak itu unik dan berbeda-beda. si kakak dan adik punya cara belajar dan daya tangkap terhadap sesuatu pun berbeda. tugas kita itu memberikan pengetahuan dan pelajaran baru tentang segala hal. tapi bukan memaksa mereka untuk bisa semua yang kita ajarakan.

kita yang menentukan hidup kita ingin seperti apa. kita sendiri yang harus bisa menciptakan sebuah perubahan. kita sendiri yang menciptakan suasa bahagia. So, jadilah sebaik-baiknya diri kita. ketika kita bahagia. kita bisa menciptakan kebahagiaan untuk orang di sekitar kita.

See you......



chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

19 komentar untuk "Tips agar tetap Waras menemani anak-anak di masa pandemi"

Comment Author Avatar
setuju banget dengan poin terakhir, aku ngga menuntut banyak anak untuk belajar. sudah mau aja udah bersyukur. PR buat akunya sih mba untuk bisa lebih kreatif ngajak anak belajar yang seru gitu hehe.
Comment Author Avatar
Mengajak anak bermain sambil belajar biar orangtua dan anak nggak bosan di rumah, anak juga jadi santai belajarnya ya
Comment Author Avatar
Belajar santai. Lha ini... anakku santaiii banget kak. Gurunya ngoceh ngalor-ngidul, anakku sambil makan, mainan boneka, ngobrol sama adiknya, dll dll dll

trus pasca zoom, ngabur main yang lain. Hadeehhh wkwkwkw
Comment Author Avatar
Saat ini bahagiaku kayaknya sesederhana browsing agak random haha, yang bisa dikerjain sewaktu-waktu dengan santai di sela-sela kesibukan. Kalau mau hobi yang beneran kayak baca buku kayaknya harus nunggu malam soalnya, itu juga kalau nggak ada kerjaan.
Comment Author Avatar
wajib banget ini menjaga kewarasan di tengah pandemi dan menemani anak belajar daring zaman skearang yh.
Comment Author Avatar
bener banget deh ini, kita sebagai ibu juga harus tetap waras apalagi di saat pandemi gak cuma anak saja yang kita uruskan. Semangat terus ya mbak.
Comment Author Avatar
I feel you Mbak! Hehe. Jalani hobi dan buat target Aku banget hehe meski pelaksanannya ada aja tantangannya :')
Comment Author Avatar
Iya banget. Yang paling bikin stres itu menemani anak sekolah daring. Untungnya sekarang lagi libur semester, saraf otak emak lumayan kendur.
Comment Author Avatar
benar nih Mbak, diikhlaskan aja keadaannya sekarang seperti ini, karena inilah yang terbaik buat kita dan semua, berada di rumah bukan berarti kita jadi gak bisa apa-apa juga kan?
bisa banget itu kerjakan hobi yang sudah lama tidak dilakukan, atau mungkin mencoba melakukan hal baru bersama si kecil, dan melibatkannya ya, jadi happy pasti tuh, imun juga jadi bisa meningkat :)
Comment Author Avatar
Segala sesuatu kalau ada targetnya jadi terarah ya. Lebih menjurus gitu mau kemana tujuannya, sehingga bisa membuat pikiran tetap waras dan semangat jaga kesehatan
Comment Author Avatar
Mba Rina, aku jadi mikir resolusi yang kuinginkan apa targetnya biar hidup makin hidup ya
ada yang kita kejar biar semangat. Hepi selalu sekeluarga ya mba
Comment Author Avatar
Semangaaat mbaa.. emang yaa karena pandemi ini justru membuat kita harus lebih kuat dan sabar dalam menghadapi semua.. gak perlu sempurna, yang penting tetap waras dan anak2 pun tetap bisa memperoleh pengajaran walau kondisinya tidak ideal
Comment Author Avatar
Huhu iya banget, pandemi yang berkepanjangan ini memang berat banget. Anak-anak, kerjaan, tugas domestik, dan badan yang gampang stres membuat semua rasanya berat. Kudu nih aku praktekin tipsnya. Semoga kita selalu sehat dan bahagia, ya. :)
Comment Author Avatar
Jd inget pernah lihat mbakku sampai teriak2 pas ngajari anaknya SFH. Berarti luar biasa ya perjuangan seorang guru yg ngajari paling gak 30 anak di ruang kelas 😳
Comment Author Avatar
huhuuu.. sungguh luar biasa perjuangan orang tua semua di masa begini. Tapi pasti bakal lebih meningkatkan skill kita l sebagai orang tua ya :)
Comment Author Avatar
Hobi itu emang stress release yg paling ampuh. Aku juga pasti melakukan hal2 yg menyenangkan biar tetep waras sbg selingan. Semangat terus!
Comment Author Avatar
Menjaga kewarasa diri sendiri itu memang penting banget supaya tidak hard feeling saat pandemi gini...
Comment Author Avatar
Untuk berdamai dengan keadaan saya sendiri akhirnya membiarkan anak belajar dengan santai dan sesuai dengan stylenya. Asal semua tugasnya dikerjakan dan dikumpulkan sesuai deadline.
Comment Author Avatar
Bener banget. Punya hobi tuh wajib deh, biar ga stres dengan kegiatan yang itu-itu aja. Aku juga lagi semangat mengembangkan hobi menulisku nih.

Kalau tulisan ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa komen dan share ya. terima kasih !