3 Jenis Menu Masakan yang wajib ada saat memiliki Balita

 

Assalamu'alaikum Hello moms 

Sebagai seorang Ibu yang tiap hari mengurus semua keperluan anak mulai dari pakaiannya, kebutuhan sehari-hari, sampai makanannya. kadang suka merasa bingung nggak sih dengan menu-menu makanan harian ? kalau aku pribadi sih terkadang merasa bingung ingin memasak apa tiap harinya.

Apalagi yang namanya anak-anak terhadap makan itu suka bosenan ya, mau nya ganti-ganti makanan. mereka suka variasi tiap harinya bisa dua sampai 3 menu. belum lagi kebutuhan cemilannya juga. Nah pada kesempatan kali ini aku mau sharing sekaligus berbagi cerita jenis menu masakan yang memang wajib ada dalam menu makanan sehari-hari dirumahku.

3 Jenis Menu Makanan

  1. Masakan Berkuah 
  2. Masakan Kering
  3. Masakan tumis-tumisan

Masakan Berkuah



Masakan berkuah menjadi salah satu yang cukup di gemari untuk anak-anak terutama balita. Anak ku salah satu yang tidak pernah bosan dengan masakan berkuah.

Ada banyak sekali jenis masakan berkuah yang bisa kita buat untuk anak-anak. di atara menu-menu berkuah yang suka aku buat di rumah adalah :
  • Sup Iga Sapi
  • Sup tahu
  • Sup Sayur telur puyuh
  • Sayur Asem
  • Sayur Bayem jagung
  • Guai daging
  • Soto

Masakan Kering





Masakan kering menjadi salah satu masakan yang menjadi favorite apalagi saat anak-anak bosan dengan menu makan yang itu-itu aja. 

Masakan kering atau menu-menu yang di goreng selalu menjadi masakan yang menjadi andalan aku. Kalau anak sudah terlihat bosan makan nasi.

Di antara beberapa menu masakan kering yang biasa aku buat adalah : 
  • Ayam Goreng 
  • Ayam Kecap
  • Telur kecap 
  • tempe goreng
  • Jamur crispy
masih banyak menu-menu goreng lainnya. dan yang tak kalah penting adalah selalu stok cemilan dan makanan frozen lainnya agar saat anak bosan dan ingin ngemil kita sudah punya persediaan. 

Waktu anak-anak masih baby aku suka nyoba-nyoba menu homemade. Mulai dari ebi furai, Nuget Sayur, bahkan baso. Happynya anak-anak selalu suka.

Saat anak-anak masih balita memang baiknya sih asupan yang mereka terima adalah yang kita bisa membuatnya sendiri ya. Komposisinya lebih jelas karena kita yang buat sendiri. hemat dan sehat tentunya.


Masakan Tumis



Ini sejujurnya jarang aku buat. karena memang anak-anak kurang tertarik. Jadi gak ada semangat gitu bikinnya juga. Apalagi aku di rumah cuma sama anak-anak aja. 

Untuk moms bisa di cari juga sayuran yang anak suka. Lalu coba menumisnya. Cukup dengan sedikit bumbu. Seperti gula, garam, dan kaldu jamur. Ini bisa menjadi salah satu menu yang membuat anak-anak gak bosen.

rencananya aku akan berbagi resep juga nih nantinya dari menu-menu yang aku tulis ini. semoga aku bisa membagi waktu untuk menulis. Hehehe semoga ada waktu kekuatan dan semangat.  *kok kaya lagi curhat jadinya 🤭udah  dulu deh ya. Jangan kepanjangan nanti bosen bacanya. 
( padahal bingung juga mau ngomongin apa lagi ) 





chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

18 komentar untuk "3 Jenis Menu Masakan yang wajib ada saat memiliki Balita"

Comment Author Avatar
Di rumah, bocah juga suka banget sayur bening atau yang berkuah. Kalau tumis, masih sering juga, soalnya kadang butuh masak yang cepet gitu
Comment Author Avatar
Setuju nih aku, zaman kecil dulu ibuk selalu masakin anak-anaknya sama masakan sederhana tapi punya gizi mantapp.. haha..

tapi kalo anak ku sih makan sayurnya harus agak dipaksain, tapi lebih ke bening aja sih, kayak sop gitu. olahan sayur lain mana mau, huhu..
Comment Author Avatar
wah membantu sekali ini, masih suka bingung menentukan menu masakan tiap pagi. hihi
makasih ya sharingnya..
Comment Author Avatar
Samaan yah, berarti rata-rata anak-anak suka makanan kuah. Akupun tiap hari menunya soup lagi dan lagi. Kalau makanan kering or goreng-goreng kudu ditambahin kuah juga haha
Comment Author Avatar
Yang digoreng sama ditumis masih jadi favorit anakku, kalau kuah suka gak sabar pas kuahnya masih panas
Comment Author Avatar
Tulisan mbak ini simple tapi yang sangat dibutuhkan banget oleh aku, tentang jenis masakan untuk balita. Dan iya dunk Mbak Rina, aku jadi tergugah untuk masak tumis sosis wortel hari ini, Yeay!
Comment Author Avatar
Kayak anakku bangett dia paling suka nasi goreng. Dan ngga akan pernah nolak maem pakai nasi goreng. Hampir selalu dihabiskan.
Comment Author Avatar
Trims infonya. Setuju banget makanan ini memang dipeelukan
Comment Author Avatar
Trims infonya. Setuju banget makanan ini memang dipeelukan
Comment Author Avatar
Aku malah paling sering masak tumis mba, kalo pengen agak basah tinggal dikasih air agak bnyk, kayak sop sih cma lebih berasa aja bumbunya. Kalo sop gatau knpa suka gagal rasanya, kurang ahli emang nih, huhu
Comment Author Avatar
kalo dirumah memang tak bisa jauh dari berkuah dan goreng... hampir seminggu 3x selallu ada sop dan ayam goreng... kalo untuk mamaknya tetap harus ada sambal sebagai pelengkap makanannya...heheh
Comment Author Avatar
Sayur bayam itu andalanku sih. Nggak selalu pakai jagung. Kadang kucampur wortel. Kadang udang. Kadang telur puyuh.
Comment Author Avatar
Wah, aku kayaknya kudu mulai belajar masak tiga jenis di atas nih, meskipun jodoh belum keliatan haha. Jangan sampai nanti anakku kayak aku, picky banget soal makanan
Comment Author Avatar
Anakku hampir kucobain semua macam sayur mulai kuah hingga tumis. Tapi dia kayaknya paling doyan sayur bening. Kalau soto atau santan gitu kurang doyan hihi. Bagus juga sihg bening-bening lebih mudah
Comment Author Avatar
Kalau keluarga aku menu sayur berkuah paling suka sayur bening dan sop tapi kalau tumis favorit masih kangkung
Comment Author Avatar
Tiga menu andalan itu setiap hari dan selalu repeat. Berkuah, kering, tumis. Menu wajib. Mulai dari sop, sayur asem, bayem, stok nugget, kering tempe, sampai oseng kangkung yang cepet, gampang dan hemat waktu tenaga. Andalan emak lah.
Comment Author Avatar
Kalo dirumah aq selalu masak yang berkuah kak, soalnya anak2 gak mau makan kalo nggak ada kuah dan sayur
Comment Author Avatar
Contoh masakan tumis buat balita apa aja to mbak.

Dlu kecil ingetku aku maka di kasih kuah Mulu.hahahahaha

Kalau tulisan ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa komen dan share ya. terima kasih !