Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SUBHANALLAH INDAHNYA KEBUN RAYA CIBODAS CIANJUR

 

Pertama kali kesini dan aku dibuat takjub dengan keindahan alamnya. subhanallah.... kata-kata pertama yang keluar dari mulutku saat pertama kali melihatnya. berawal dari kepulangan aku dan keluargaku dari berkemah di bumi perkemahan mandalawangi cibodas sabtu siang. oya buat kalian yang mau tau keseruan aku di bumi perkemahan mandalawangi kalian bisa baca disini ya. awalnya kami mau langsung. tapi saat mobil berbelok ke kiri kami dihadapkan pada satu lokasi pintu gerbang pintu masuk Kebun raya cibodas.

Awalnya ragu-ragu masuk atau ngga. akhirnya karena galau, aku membuka dan searching di internet untuk mengetahui ada apa aja di dalam  dan ternyata banyak keindahan yang belum pernah kita lihat. akhirnya kita memutuskan untuk masuk. udah di sini juga kan. udah di depan gerbang kalau gak masuk tuh gimana gitu...apalagi kita juga gak tau bakal kesini lagi kapan. mau tau gak ada apa saja di dalam ? yuk lanjut baca ya aku ulas satu persatu.

Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas

Untuk harganya mungkin kalian akan kaget karena ini sangat murah menurutku. hanya 16.000 rupiah saja perorang. dan anak di bawah 3 tahun tidak dihitung. dan untuk mobil pun sama 16.000 enaknya dan bedanya disini dengan kebun raya bogor adalah di kebun raya cibodas ini mobil bisa masuk dan kita bisa berkeliling dengan menggunakan mobil pribadi.

Selain dengan menggunakan mobil pribadi, di tempat yang tidak jauh dari gerbang masuk pun ada penyewaan mobil golf dan juga sepeda dan menurutku mungkin bisa kita sewa ya. 

Apa saja yang bisa dilihat di Kebun Raya Cibodas ini ?

1. Taman sakura


Yaaaaa taman sakura yang pasti bakal indah banget ya kalau bermekaran seperti bunga sakura di jepang. aneh kan di kebun raya cibodas ini sakura bisa tumbuh. sayangnya saat kesana dalam keadaan tidak bermekaran. karena penasarannya kita sampai baik 2 kali untuk melihat sakura karena tidak terlihat, padahal memang sedang tidak bermekaran. setelah melewati taman sakura kita melewati jalan berair seperti sedang berada di taman safari dengan pemandangan yang luar biasa indahnya. 


2.  Taman lumut


sayangnya taman lumut ini tutup jadi kita hanya bisa melihat dari luar saja. dan ini foto yang bisa aku persembahkan untuk kalian yang penasaran dengan taman lumut. indah ya, indah banget sih ini menurutku. di bawah ini seharusnya ada air yang mengalir, tapi karena taman lumut ini sudah cukup lama ditutup mungkin jadi air nya tidak mengalir saat setelah melewati taman lumut ini kita melewati bunga bangkai yang saat itu hanya tumbuh kecil. jadi tidak ada yang terlihat menarik.


3. Aneka Kaktus


saat melewati tumbuhan kita melihat aneka kaktus yang sebenarnya ditutup juga, hahaha jadi hampir semua di tutup ya. mungkin karena tempat ini langsung menuju villa private. mangkanya tidak bisa dilewati. 

4. Rumah kaca Konservatori


rumah kaca ini masih baru dan belum di buka, jadi di dalamnya ada banyak aneka tumbuhan di antaranya yang terlihat adalah kaktus. sebenarnya masih banyak tempat yang kosong di ruangan kaca ini. 


5. Kolam kolam Besar


Di kebun raya cibodas ini banyak juga kolam-kolam besar yang bisa kita nikmati keindahannya dengan pancuran air di tengah kolamnya. ada sekitar 2-3 kolam besar di depan Rumah Kaca Konservatori.


Villa yang bisa di sewa


Di kebun Raya Cibodas ini ada villa yang bisa kita sewa loh. villanya terlihat baik dan cukup besar terdiri dari kurang lebih 9 kamar tidur. bia kita ingin menyewa villa di sini kita bisa booking minimal 6 bulan sebelum menginap di sana. ada taman yang sangat di depan villa yang  serasa milik pribadi yang menginap di villa itu. indah banget deh. 

Jadi kalau bawa keluarga besar, anak-anaknya bisa main di halaman luas orang tua bisa santai bakar-bakar ate di depan villa, kaya yang kemarin aku lihat. tidak jauh dari villa ini ada mushola dan akses menuju mushola ini adalah hamparan taman yang lagi-lagi di buat takjub dengan keindahannya. 

Halaman sangat luas kita bisa merasakan piknik bebas di sini. Fyi kita boleh kok bawa karpet dan cemilan sendiri. bahkan saat akan masuk ke kebun raya ini ada 1-2 orang yang menawarkan karpet untuk di dalam dengan harga 15 ribu. 

Di tengah hamparan taman ada stand cemilan  tapi harganya menurutku sangat mahal. jadi lebih baik kalian bawa cemilan dan air mineral sendiri. Ada juga ibu-ibu yang menjajakan kopi dan aneka mi gelas. saat sedang santai bermain di hamparan rumput hijau. kakak iparku membeli kopi segelas dan dengan harga 25 ribu rupiah.

Sewa kuda di kebun raya cibodas


Jadi tengah-tengah hamparan kebun raya Cibodas ini ada beberapa orang yang menyewakan kuda untuk anak-anak dengan harga lima puluh ribu untuk satu kali putaran. lumayan ya harganya. tapi enaknya 1 kuda itu bisa di tumpangi oleh 2 anak.  jadi bisa dibilang harganya standar lah ya. 

Satu hal lagi yang perlu aku kasih tau ke kalian, jadi di setiap tempat itu biasanya ada tukang parkirnya. nah paling itu yang jadi cost juga. karena kita harus bayar tukang parkir di hampir setiap persinggahan ya. tidak perlu mahal-mahal juga sih. 2 mobil lima ribu rupiah mereka masih seneng kok. hehe

Itulah sekilas pengalaman yang bisa aku bagikan ke kalian. kalau ada yang bikin kalian penasaran dan ingin bertanya, langsung aja chat di kolom komentar. kalau dirasa artikel ini ada manfaat boleh di share ya. sampai bertemu di perjalanan berikutnya. bye...



chairina bawazir
chairina bawazir Assalamu'alaikum Hello everyone ! Aku rina. Ibu 2 anak yang hobi berbagi cerita dan sharing seputar pengalaman.

17 komentar untuk "SUBHANALLAH INDAHNYA KEBUN RAYA CIBODAS CIANJUR"

  1. hihi anak-anak pasti merengek minta naik kuda ya, anak ku gitu soalnya, kadang di beberapa tempat wisata di jakarta, bisa lebih dari 100ribu dan gak boleh boncengan huhu

    BalasHapus
  2. Baca tulisan Mba aku jadi ingat kenangan dengan Alm. Ayahku. Dulu, waktu masih sekolah kami sekeluarga suka sekali piknik ke Cibodas, bawa bekal sendiri. Kami main-main di sungai dan air terjun, lalu gelar karpet di padang rumput. Entah sudah belasan tahun aku nggak berkunjung ke sana. Semoga setelah pandemi usai nanti bisa mampir ke sana lagi.

    BalasHapus
  3. Ini foto saya di profil blog yg di bawah pohon sakura, itu di Cibodas juga tuh. Saya ke Cibodas biasanya kalau acara kemah Pramuka. Cuma setahun ini karena pandemi ga latihan di sana lagi. Ganti latih virtual hehehe

    BalasHapus
  4. Aaahhh meski kurang puas liat fotonya karena agak kecil, tapi lumayan terobati kangen yang sejuk-sejuk di luar dengan liat ini.

    Lalu membayangkan bisa mengajak anak naik kuda di tempat yang sejuk ini, masha Allah, betapa indah ciptaan-Nya :)

    BalasHapus
  5. wah aku belum tuh ke kebun raya cibodas, bagus yaaa mba tempatnya asri dan bersih rapi pula. kaya kebun raya bogor yaaa itu? kangen deh gogoleran gelar tiker di taman kaya gitu, sejuk dan refreshing

    BalasHapus
  6. Waaaaa.. keren yaaa destinasi wisata kebun raya cibodas.
    Semoga aku bisa jalan-jalan kesana bareng keluarga besar.
    Semoga covid ini segera berakhir. Semoga semoga

    BalasHapus
  7. Lama banget gak main ke Cibodas, kangen juga. Kayaknya aku terakhir kesana itu waktu masih SMP deh beneran udah lama banget dan sekarang bagus banget ya. Bikin list liburan setelah pandemi ah.

    BalasHapus
  8. Masya Allah indahnya..
    Efek pandemi jdi sepi dan bersih gitu jadinya ya

    BalasHapus
  9. Waaah menarik yaaa! Selama ini saya baru ke dua kebun raya, yaitu yang di Purwodadi dan Bogor karena dekat dengan tempat tinggal. Emang main ke kebun raya itu tujuannya untuk santai sama alam. Nikmatin udara segar sama lihat yang hijau-hijau. Sukanya lagi, karena luaas jadi meski banyak orang ga kerasa engapnya hehe.

    Lihat foto-foto di tulisan ini, jadi pengen ke kebun raya Cibodas deh suatu saat nanti (kalau covid-19 udah selesai huhu T_T).

    BalasHapus
  10. Kangen banget bisa jalan2 lagi. Liat postingan blog kaya gini. Merasa bahagia lahir di indonesia dgn wisata yg bagus2

    BalasHapus
  11. Itu mah pemandangan alam yang memang memukau mbak. Jangankan mbak yg melihat secara langsung saya yg lihat berupa gambar aja takjub. Btw, saya suka kalau jalan2 ke alam terbuka seperti ini bisa merefreshkan pikiran

    BalasHapus
  12. Baru baca ceritanya aja udah ikut ngerasin sejuknya Kebun Raya Cibodas, coba ukuran fotonya lebih gede lagi pasti makin berasa ada di sana. Bikin pengen main ke Kebun Raya juga deh.

    BalasHapus
  13. Semuanya, kalau mau ke Cibodas, infokan saya ya. Siapa tahu saya bisa nyusul, lalu kita bisa ketemuan
    Tapi kalau pandemi udah berakhir ya ...
    Kalau perlu nginap di rumah saya, nanti kita ke air terjun di Cianjur Selatan

    BalasHapus
  14. MasyaAllah, di Indonesia pun bisa tumbuh sakura rupanya ya, penasaran deh pengen lihat. Pengen lihat tempat-tempat lain juga di Kebun Raya Cibodas ini.

    BalasHapus
  15. Menarik banget mbak. Aku langsung jatuh cinta sama spot-spot nya, cantik + enak dipandang. Paling suka lihat rumah kaca sih, bagus. Dan taman lumut kayaknya adem banget tempatnya. HTM juga gak bikin kantong kering. Cucok.

    BalasHapus
  16. wah seru ya bisa jadi pilihan liburan keluargaaa apalagi suasananya sejuk adem gitu :)

    BalasHapus
  17. seru sekali nih mbak Rina jalan-jalan terus bareng keluarga.

    BalasHapus

Berlangganan via Email