Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ISTIQOMAH YUK

Assalamualaikum semua. Minggu ini masuk di penghujung akhir bulan ramadhan yaaa...
Bagaimana perasaannya ? 

Semoga kita semua selalu dalam keistiqomahan dalam menjalankan amalan-amalan baik yang sudah banyak kita lakukan di ramadhan ini yaaa.


Ngomongin masalah Istiqomah nih, apa sih yang teman-teman pahami tentang makna istiqomah ? Kalau menurutku bahasa simpelnya istiqomah yaitu prilaku untuk selalu berada di jalan Allah.

Istiqomah memiliki banyak sekali penjelasan yang berbeda. Baik menurut para Khulafaur Rasyidin maupun para ulama.

Meski memiliki banyak arti. Tapi poin intinya tetap satu dan sama. Yaitu keadaan untuk tetap berada di jalan yang lurus yang Allah ridhoi.

Istiqomah menurut Ulama An-Nawawi adalah : 
" istiqomah adalah tetap berada dalam keimanan dan taat kepada Allah subhanahu wataala dan berada di jalan yang lurus menuju Allah Subhanahu wataala."
Ramadhan tentunya identik dengan ibadah ya. Banyak sekali ibadah-ibadah yang kita lakukan lebih di bulan suci ini. Karena selain mendapat kebaikan juga bisa pahala yang berlipat tentunya.

Lalu yang menjadi pertanyaan, apakah ibadah yang telah banyak kita lakukan di bulan ramadhan ini masih bisa kita lanjutnya ketika ramadhan berakhir ? Tentunya masih bisa ya. Jika kita menerapkan keistiqomah.


Kali ini aku mau berbagi tips ala aku. Ikhtiar aku untuk tetap istiqomah dalam beribadah di bulan ramadhan ini. Yang semoga dengan tips ini bisa tetap menjaga semangat kita semua untuk tetap melakukan kebaikan-kebaikan tersebut di luar ramadhan.

  • Ingat, Hidup hanya sekali. Ini poin pertama yang menjadi dasar aku agar tetap semangat menjalankan ibadah. Meski jujur godaannya sangat berat. Kadang hawa nafsu sulit sekali untuk dilawan. Tapi, dengan mengingat ini aku lebih terdorong untuk tetap melakukan ibadah.
  • Mengharapkan kematian yang dirindukan. Jujur, ini menjadi impian aku dan mungkin impian semua orang. Berharap kematian kita adalah kebahagiaan yang kekal untuk kita. Tapi, banyak juga yang lupa untuk mengupayakannya. 
  • Bentuk rasa syukur. Aku ingin selalu melakukan kebaikan sebagai bentuk rasa syukur aku kepada Allah. Malu rasanya ketika Allah selalu memberikan semua keinginan kita, Allah selalu mendengar dan memberi jawaban atas keluh kesah kita. Tapi, kita sama sekali ga ada rasa terima kasih. Rasa malu ini yang membuat aku harus melakukan kebaikan sekecil apapun itu.
  • Rasa ingin dekat dengan Allah dan para kekasihnya. Perasaan ingin dekat dan mengenal lebih dalam lagi kepada Allah dan ingin mengenal lebih dalam kepada para kekasihnya. Rosulullah dan para sahabat nabi serta orang-orang soleh yang rela berkorban dengan segenap jiwa dan raganya untuk membela agam Allah. Sedangkan aku ? Aku yang sudah aku lakukan ? Sedih rasanya belum bisa berbuat apa-apa untuk agama ini. Rasa yang membuat aku maju dan melangkah untuk selalu dalam ketaatan kepada-Nya.
  • kelak ingin berkumpul dengan orang-orang soleh dan semua keluarga yang selalu mendukung dalam kebaikan. Harapan itu juga membuat aku tetap semangat untuk beribadah.

Itulah sekiranya 5 poin yang membuat aku selalu iatiqomah saat ramadhan ini. Semoga semangat itu tetap terjaga istiqomah di lakukan di hari-hari setelah ramadhan.

Ketika aku merenungi akan kepastian bahwa setiap kita pasti akan kembali kepada sang pencipta, semakin aku menyadari masih banyak sekali kekurangan dan kesalahan yanv perlu aku perbaiki dan perlu banyak-banyak bertaubat. 

Semoga kita semua bisa kuat dan tabah di dalam keistiqomahan. Dan tidak termasuk orang-orang yang merugi di kemudian hari.

Jangan sampai kita baru menyadari kesalahan ketika ajal sudah datang. 
Yuk keep spirit keep istiqomah.

Mari berkumpul dan bergaul dengan orang-orang soleh yang membantu kita melakukan hal positif dan kebaikan juga. 

Yuk rajin bermunajat kepada Allah meminta agar kita bisa selalu dalam ketaatan kepadanya. Semoga Allah memberikan keberkahan dalam hidup kita.

chairina bawazir
chairina bawazir Assalamu'alaikum Hello everyone ! Aku rina. Ibu 2 anak yang hobi berbagi cerita dan sharing seputar pengalaman.

10 komentar untuk "ISTIQOMAH YUK "

  1. Istiqomah ni memang berat ya teh..memang harus melakukan bnyak cara supaya bisa konsisten..terima kasih tips nya teh rinaa :)

    BalasHapus
  2. Mbak ini pakai template apa blognya ya? Tata letaknya bagus..

    BalasHapus
  3. Makasih Mba sudah diingatkan tentang kepastian di dalam hidup kita 😊

    BalasHapus
  4. "Mengharapkan Kematian yg dirindukan" Ya Allah serasa aku tersadar dg kalimat ini,jazakillah khayr reminder nya mb♥️

    BalasHapus
  5. Masya Allah Tabarakallah. Kiat untuk istiqomah yang luar biasa. Semoga kita semua termasuk ke dalam orang-orang yang berupaya untuk selalu istiqomah di jalan Allah. Semangat selalu. Bismillah!

    BalasHapus
  6. YOLO (you only live once) itu harusnya dijadikan alasan untuk istiqomah yaaa. karena sungguh gak akan ada kesempatan lagi saat ajal udah tiba 😭

    BalasHapus
  7. Semoga kita lebih bersemangat lagi dan termasuk kedalam orang-orang yang istiqomah. Aminn.. Terimakasih atas sharingnya mba Rinaa :)

    BalasHapus
  8. Iya mba hidup hanya satu kali, jangan sampai menyesal karena kurang bekal 😭😭😭

    BalasHapus
  9. Wa'alaikumsalam... sediiih ramadhan berlalu 😭

    BalasHapus

Berlangganan via Email