HIJRAH

Perlukah berhijrah ?

Assalamualaikum semua.sudah masuk pertengahan di bulan ramadhan ini semoga kita semua tetap semangat ya....

Berbicara tentang masalah berhijrah,sebenarnya kita perlu ga sih berhijrah ? Untuk apa dan karena apa kita berhijrah ? Silahkan di jawab dalam hati masing-masing ya.karena hanya diri kita yang tau jawabannya.

Seperti yang kita ketahui bersama, yang namanya hijrah ini beberapa tahun kebelakang menjadi sebuah tren di kalangan anak muda kita. tapi, tidak sedikit juga yang menolak untuk berhijrah dengan alasan karena takut seperti temannya yang berubah setelah berhijrah. tiba-tiba jadi ga asik lagi, menjauh dari sosial media, gak mau lagi di ajak nongkrong atau hangout bareng dan ga mau di ajak hura-hura lagi.  

Lalu,apa yang di maksud dengan berhijrah ? 

Menurut ustadz Hanan Attaki. Beliau adalah lulusan tafsir alquran di Al azhar yang di kenal sebagai icon fenomenal pemuda hijrah.

Dalam teori islam, hijrah dibagi menjadi 2 kategori. 

  • Hijrah = berpindah dari satu tempat ketempat lain karena merasa terancam. Hijrah ini seperti hijrah yang di lakukan oleh rosulullah.
  • Hijrah = meninggalkan perbuatan buruk,dosa, dan maksiat kembali kepada perbuatan baik. Perbuatan yang di ridhoi oleh Allah.
Jadi, sebenarnya hijrah yang seperti apa sih yang harus kita lakukan ?

Hijrah di poin 2 ini lah yang perlu kita lakukan. Culture hijrah anak muda zaman sekarang. Hijrah yang di lakukan untuk orang-orang yang ingin menjadi manusia yang lebih baik lagi. 

Hijrah dari habbit yang buruk kembali kepada habbit yang baik. Misal dulunya kita orang yang suka bangun siang dan meninggal sholat subuh, sekarang berubah menjadi orang yang rajin bangun subuh, dulu nya kita ga pernah baca quran, sekarang jadi suka membaca quran.

Dalam berhijrah tentunya bukan tanpa  halangan ya, karena hijrah bukan proses yang mudah. Butuh semangat dan kemauan yang kuat. Apalagi ketika lingkungan kita tidak pendukung. Maka butuh effort lebih untuk kita lakukan. Perasaan sedih dan galau dalam berhijrah tentulah ada, pastinya kita butuh tempat untuk sekedar bercerita ataupun curhat. Kira-kira kalau kita lagi galau dan sedih kita curhat kesiapa ? Jawab jujur ya hehe. Apa kepada teman kita ? Sahabat kita ? Atau di media sosial ? Apakah curhat kita akan memberikan kebaikan untuk kita ?

Ustadz Hanan mengatakan bahwa curhat terbaik adalah kepada Allah. Bukankah  Allah itu dekat. Curhat kepada Allah akan bernilai ibadah untuk kita. Allah suka dengsn orang-orang yang suka berkeluh kesah kepada-Nya. Dan semua curhatan kita kepada Allah akan memberikan kebaikan kepada kita. Dialah pemberi solusi dan ketenangan untuk kita.

Apalagi di bulan ramadhan ini disebut sebagai "syahrul munajat" bulan curhat kepada Allah. Jadi mumpung masih ada waktu dan kesempatan, yuk kita gunakan waktu kita sebaik-baikan untuk mendapatkan ridho dan pahala darinya dengan banyak bermunajat.

Sebagaimana dalam hadits di katakan : 
barangsiapa niat hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya adalah kepada Allah dan Rasul-Nya. Barangsiapa niat hijrahnya karena dunia yang ingin digapainya atau karena seorang perempuan yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya adalah kepada apa dia diniatkan.”. (HR.Bukhari : 52)

Hadits tersebut secara jelas menjelaskan bahwa orang yang berhijrah karena ikhlas karena Allah maka akan bernilai ibadah dan mendapatkan pahala. Begitupun sebaliknya.

Ada yang tau bagaimana cara kita curhat  dan bermunajat kepada Allah ? Yaa. Dengan cara merendahkan diri kita di hadapan-Nya. 

Waktu terbaik kita curhat adalah kapanpun. Tapi, ada waktu-waktu spesial yang baik untuk kita mencurahkan semua isi hati kita. Yaitu saat  menjelang berbuka puasa, sehabis taraweh atau tahajud, dan menjelang sahur.

Sekilas poin tentang resume hijrah yang aku buat dari hasil mendengar podcast nya ustadz Hanan Attaki.semoga dari yang sedikit ini ada nilai yang bisa kita pelajari bersama.

Semoga kita semua menjadi hamba Allah yang di ridhoi dan di mudahkan jalannya dalam berhijrah. Semangat untuk kita semua.
Wassalamu'waalaikum....

chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

23 komentar untuk "HIJRAH"

Comment Author Avatar
Saya juga selalu tertarik nih kalau ustad hanan attaki yang ngasih nasehat..selalu ngena di diri..nice sharing..terima kasih teh...
Comment Author Avatar
Ia khas anak muda banget ya.
Sama-sama 😊
Comment Author Avatar
semoga dikuatkan dan dimampukan...aamiin yaa Rabb
Comment Author Avatar
Sy pun baru memulai hijrah, semoga Allah mempermudah hijrah ini, jazakillah khayr resume nya mb
Comment Author Avatar
saya pernah baca quote: "bila tidak ada punggung untuk bersandar, masih ada sajadah untuk sujud". Curhat terbaik hanya pada Allah
Comment Author Avatar
ia mba. tempat terbaik di sajadah ya.
Comment Author Avatar
Terimakasih sharingnya mba, curhat terbaik memang hanya kepada Allah, semoga Allah SWT meridhoi apapun yang kita lakukan. Amin..
Comment Author Avatar
Aamiin..Semoga Allah istiqomah kan kita semua ya mba, aamiin
Comment Author Avatar
Iya mba kalau gatau curhat sama siapa, mending sama Allah 😊
Comment Author Avatar
jazakillah sharing nya mbak, aku juga bikin resume nya dari Ustadz Hannan Attaki 😁
Comment Author Avatar
Curhat terbaik itu emang cuma sama Allah SWT. Makasih reminder nya Mba 😊
Comment Author Avatar
Semoga kita semua diberikan keistiqomahan dan mati dalam keadaan tetap memegang teguh syariat Islam

Jazakillah Khair atas sharing nya mba
Comment Author Avatar
Wa'alaikumsalam... semoga kita semua selalu istiqomah dalam hijrah ❤️
Comment Author Avatar
Terima kasih sharingnya mba. Aamiiin, semoga dimudahkan dalam berhijrah.
Comment Author Avatar
Jzk Mba atas sharingnya. Smg kita dimampukan n diistiqomahkan dlm hijrah..
Comment Author Avatar
Jazakillah khairan katsiran sharingnya mba, semoga bisa hijrah yg istiqomah
Comment Author Avatar
Jazakillahu khoir Mba.. Semoga kita selalu bisa hijrah menjadi lebih baik..
Comment Author Avatar
Aamiin Allahumma Aamiin. Semoga proses hijrah kita bisa istiqomah. Menuju hijrah yang kaaffah. Dan hijrah yang berprogress. Semangat!
Comment Author Avatar
Jazakillah mb reminder yang super bahwa kita harus terus menerus berhijrah ke arah yang lebih baik.. 😍
Comment Author Avatar
Semoga kita semua dimudahkan dalam istiqamah dijalan-Nya aamiin
Comment Author Avatar
Kita harus hijrah terus menerus ya mba.. Hijrah dari habbit yang buruk kembali kepada habbit yang baik.. Biar diri selalu dalam kebaikan ^^
Comment Author Avatar
Semoga kita senantiasa berproses menjadi lebih baik ya mba

Kalau tulisan ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa komen dan share ya. terima kasih !