5 MITOS DAN FAKTA SEPUTAR KEHAMILAN KEDUA


Kehamilan pertamaku.Dokpri

Dalam menjalin suatu hubungan yang lebih serius, setiap pasangan pasti memiliki impian akan keturunan. memang kita tidak bisa memaksakan kehendak akan suatu kehamilan. tapi bukan berarti kita tidak bisa menguapayakannya. 

Ada banyak sekali cerita di luar sana tentang bagaimana perjuangan setiap pasangan mendapatkan kehamilan. Ada sebagian orang yang mendapatkan kehamila dengan proses yang lama dan panjang seperti shiren sungkar. pasti pad tau kan, bagaimana perjuangannya 10 tahun berjuang sampai akhirnya mendapatkan kehamilan. ada juga yang sudah habis-habisan berjuang tapi memang belum di karunia seorang jabang bayi. adapun yang seperti aku mendapatkan kehamilan kedua karena faktor ketidaksengajaan. ( kehamilan yang tidak di rencanakan ).

Kehamilan adalah hal yang perlu kita syukuri. meski buat aku pribadi ada perasaan  saat itu "kurang happy" dengan kehamilan kedua, karena alasan belum siap mental dan fisik mengingat kehamilan yang super rempong di kehamilan pertama dan juga emang belum ada rencana untuk untuk menjalani kehamilan kedua ini.

Awal kehamilan ke dua sempet merasa kesal dan ada perasaan masa bodoh dengan kehamilan. aku menjalani kehamilan seperti biasa saja. Kalau di pikir lagi kelakuan pada masa itu aku merasa berdosa banget..mengingat banyak sekali orang di luar sana yang mengharapkan sang buah hati bahkan rela mengorbankan banyak hal untuk mendapatkannya.

Untungnya semua kegalauan di kehamilan ku yang kedua tidak berlarut-larut. aku mulai bangkit dan mulai menerima keadaan ku. Mulai berfikir positif dan menyiapkan mental yang kuat. Semua perasaan yang aku takut terjadi di kehamilan kedua, ternyata hanyalah ketakutan yang tak berarti. 

Aku enjoy banget di kehamilan kedua, kenapa ? karena sang bayi sangat bisa di ajak koperatif dengan aku. sehingga tidak ada perasaan dan beban berat yang aku jalani di masa kehamilan kedua. tidak ada kejadian extreem seperti cerita di kehamilam pertama ku. 

Saat kita sedang hamil, memang ada baiknya di rumah itu ada yang bisa membantu kita ya. agar kita tidak terlalu lelah. aku dulu di kehamilan kedua belum ada yang membantu aku. jadi aku sibuk dengan si kakak sampai gak ada waktu untuk mikirin kandungan aku. 

Beberapa hari sebelum proses melahirkan anak kedua.Dokpri

Dari kehamilan kedua ini, aku ingin sharing mitos dan fakta seputar kehamilan  yang aku rasakan dengan isu yang banyak beredar di luar sana.

Saat aku sedang hamil, ada banyak sekali selentingan tentang segala macam yang gak boleh di lakuin dan yang harus di lakuin saat kita sedang hamil. padahal itu semua belum tentu
  • Ada yang mengatakan kehamilan kedua akan sama dengan kehamilan pertama. Itu adalah mitos.karena faktanya yang aku rasakan sangat berbeda.
  • Ada yang mengatakan dengan banyak berolahraga seperti senam dan renang akan mempermudah proses melahirkan.itu adalah fakta. karena saat aku tidak banyak melakukan olahraga dan renang seperti di kehamilan ku yang pertama,karena cukup sibuk mengurus si kk yang masih berusia 1 tahun,membuat proses kelahiran ku yang kedua cukup sulit.bahkan sampai galau karena dokter mengatakan akan melakukan tindakan induksi atau SC kalau tidak ada perkembangan di proses lahiran aku.
  • Gizi seimbang sangat berpengaruh terhadap perkembangan sang cabang bayi.ini adalah fakta.jadi pastikan menjaga asupan gizi yang seimbang.walau tidak bisa tiap bulan ke dokter kandungan. Minum vitamin, makan buah sayur dan gizi lainnya wajib untuk selalu di konsumsi tiap hari.dalam 9 bulan setidaknya 4x kita tetap harus visit dokter kandungan agar bisa melihat perkembangan fisik sang bayi.
  • Ada yang mengatakan kalau si ibu memiliki postur tubuh yang kecil akan susah untuk melahirkan secara normal.itu adalah mitos.karena faktanya yang mempengaruhi dalam sulit atau tidaknya melahirkan adalah ukuran panggul ibu dan juga ukuran sang bayi.seperti aku yang butuh diet di trimester akhir agar sang bayi tidak terlalu besar. Karena perkembangan bayi di trimester akhir ini cukup pesat dan pinggul aku kecil.
  • Minum air kepala agar gampang melahirkan.ini adalah mitos.karena faktanya ketik ibu hamil minum air kelapa justru akan menetralisir kalsium yang ada pada tubuh sang ibu hamil.poin 5 ini yang bikin aku di marahin dokter kandungan 😂😂 dia mengatakan "percuma dong saya kasih vitamin kalsium kalau selama ini."
Ke 5 hal ini merupakan hal yang aku ketahui sesuai dengan konsultasiku dengan dokter spog saat hamil.

Lalu apa saja tips yang aku lakukan agar proses kehamilan berjalan dengan menyenangkan.di antaranya adalah :

  1. Persiapkan mental dan mindset yang positif. Agar dapat merasakan kehamilan  yang menyenangkan, serta dapat melahirkan dengan tenang. seperti Melahirkan dengan Metode Gentle Birth.
  2. Persiapkan dana yang cukup untuk biaya cek up tiap bulan. waktu itu tahun 2015 biaya cek up sekitar 500.000 perbulan di rumah sakit awal bros tangerang. 500.000 itu untuk kontrol dan vitamin saja belum lagi biaya cek lab cek darah dll nya ya. Nabung untuk biaya persalinan yang biayanya relatif juga ya.kalau di rumah sakit tanpa asuransi itu sekitar 5-10jt ya bahkan ada yang lebih tergantung kelas.waktu aku kebetulan pindah ke bali saat kehamilan pertama aku melahirkan di rsia puri bunda denpasar sekitar 10 juta all in di kelas vvip.dan melahirkan yang ke dua di rs.surya husadha nusa dua sekitar 5 juta all in karena kebetulan lagi ada promo 😂 jelas beda ya pelayanan yang di dapat.dan yang terkahir adalah nabung juga untuk biaya aqiqah untuk anak perempuan dengan 1 kambing dan anak laki-laki 2 kambing. Semua biaya itu aku siapkan dan nabung dari awal kehamilan agar tidak bingung lagi. 
  3. Survei dokter spog yang cocok dengan kita. Ini juga cukup jadi PR loh saat kehamilan.karena dokter yang cocok di kita belum tentu di orang lain cocok.
  4. List perlengkapan bayi yang sangat di butuhkan untuk di beli.agar tidak mubazir dan jadi kalap 😂 apalagi kehamilan pertama ya pasti exited banget sama yang namanya berburu perlengkapan bayi karena lucu-lucu kalau liat baju bayi. 

Item yang di butuhkan untuk di beli di kehamilan pertama adalah :

  • Bra menyusui agar mempermudah proses mengASIhi ketika di luar rumah
  • Epron ( tudung ) menyusui agar aman kalau mau mengASIhi di tempat umum tanpa takut kelihatan 
  • Bak mandi bayi ini bebas yang mau yang gimana juga yang penting fungsi utamanya ada. yaitu untuk bayi mandi
  • Popok sekali pakai/clodi 
  • Botol susu dan empeng ini sebenarnya opsional untuk sebagian orang.tapi buat aku ini penting banget.mengapa saya mengatakan ini penting. pembahasannya cukup panjang nanti aku bahas di sharing selanjutnya ya
  • Perlengkapan pakaian bayi. kalau bisa yang netral aja dan tidak perlu banyak karena hanya akan di pakai sebentar
  • Bedongan kain dan gendongan
Itulah 7 item yang wajib banget aku punya untuk menyambut kelahiran baby. Oia semua yang aku sharing ini adalah semua pengalaman pribadi yang ingin aku sharing tanpa ada maksud mengurui ataupun merasa lebih tau. Semoga bermanfaat 😊.
chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

23 komentar untuk "5 MITOS DAN FAKTA SEPUTAR KEHAMILAN KEDUA"

Comment Author Avatar
aku ini orang yang gak percaya mitos
Comment Author Avatar
Ia mba, tiap orang memang punya sudut pandang yang berbeda ya
Comment Author Avatar
Waaa makasih ya mom, aku br tau lho soal air kelapa dan hubungannya dg kalsium soalnya aku termasuk yg dl waktu hamil sering minum air kelapa.
Comment Author Avatar
hehe aku rad deg-degan bacanya, ngga tau deh rasnaya mashi trauma gitu kaloinget masa kehamilan, karena pas hamil pertama memang rewel dan sering sakit.
Comment Author Avatar
Postingan ini sangat bermanfaat. Jadi tahu rasanya kehamilan kedua. Aku pun masih deg-degan mau program lagi kapan hehe.

Tapi gentle birth emang dari dulu ngincer, sayangnya di tempatku belum ada, huhu
Comment Author Avatar
Duuh bner bgt deh orang dlu itu byk mitosnya banget, dan justru "menyesatkan" ya mba, ga soal kehamilan aja..
Comment Author Avatar
Belum merasakan hamil sih mbak karena belum menikah haaha, tapi ini bisa jadi reminder buatku nanti. Eh iya, adikku lagi hamil, bisa kasih info ke dia juga tentang mitos & fakta ini.
Comment Author Avatar
belum merasakan hamil tapi ini beneran bikin aku makin belajar lagi sih kalo someday hamil dan gimana aja preparationnya, thank u kak
Comment Author Avatar
Setiap kali dengar informasi soal kehamilan, aku selalu cari tau benar fakta atau cuma mitos. Kadang kutanya juga ke obgyn sih jadi ga pake baper-baper atau takut deh.
Comment Author Avatar
bagus infonya untuk saya mempersiapkan anak kedua nih hehehee... meman mitos kudu dipilah pilih lg ya :) sehat selalu mbak dan keluarga :)
Comment Author Avatar
ALhamdulillah dapet bekal seputar kehamilan, aku juga mempersiapkan biar bisa punya debay mba ehhehe minta doannya ya Mba. Kudu nabung mulai sekarang ya.
Comment Author Avatar
Kadang ada banyak mitos dari kerabat yang bikin bingung sampai parno, makasih mba sharing pengalamannya, buatku yang belum berkeluarga ini bermanfaat banget!
Comment Author Avatar
Betul Mom, survei dokter itu penting juga. Walaupun memang cocok-cocokan ya, tapi testimoni orang lain bisa membantu menentukan. Makin dipermudah juga dengan era medsos sekarang ya kalau mau cari testimonial.
Comment Author Avatar
selamat ya kak atas kehamilan yang kedua ini, semoga sehat terus sampai persalinan ibu dan baby, trus proses persalinannya lancar
Comment Author Avatar
Wah aku barutau kalau air kelapa bisa netralkan kalsium.

Sia sia dong dulu aku minum vitamin kalau abis gitu aku minum air kelapa
Comment Author Avatar
Tadi baru jumpa lagi sama temen yang sedang hamil, ada yang mirip sih. Jadinya ilmu buat daku nih saat sudah nikah lalu hamil nantinya
Comment Author Avatar
Aku membaca ada typo "air kepala" wkwkwk 😆 pgn deh segera merasakan rasanya hamil, melahirkan, dan jd ibu. Ya Allah, semoga aku segera diberi kesempatan itu, hehehe
Comment Author Avatar
Ya ampun, ternyata gak jauh-jauh dari mitos ya mbak. Aku belum pernah hamil sih, tapi asik aja baca-baca artikel gini, jadi lebih banyak tahu meskipun belum pernah mengalami. Thank you for sharing mbak.
Comment Author Avatar
Masih aja ya banyak mitos beredar seputar kehamilan menyusui dan mengurus anak. Padahal sudah banyak Ilmu dan fakta yg di share di media. Kalo masih ada oknum Ibu2 yg kemakan mitos brati dia gak belajar dan membaca.
Comment Author Avatar
Beberapa temanku juga seperti Mbak dalam mengalami kehamilan kedua tapi pada akhirnya mereka bisa menerima. Kalo aku jadi mereka pasti ga mudah juga apalagi aku tipe agak melow :''' mitos-mitos soal air kelapanya aku baru tahu, hehe.
Comment Author Avatar
tiap kehamilan pasti punya ceritanya sendiri, anak pertama, kedua dan ketigaku juga masing-masing punya ceritanya.
kalau kemarin saya galaunya di kehamilan ketiga yang jaraknya rapat dengan siNomor dua. Alhamdulillah semua berjalan lancar, Allah itu memberikan sesuatu dengan sangat baik jadi kita gak perlu khawatir.
Mitos-mitos kehamilan itu banyak dan aneh-aneh, kalau mau didengerin bisa stress sendiri bumilnya.
Comment Author Avatar
Semua mitos nya pernah aku dengar dari cerita orang². Ternyata semuanya mitos ya. Harus perbanyak konsul sama Dokter ya biar dapat info yg akurat.
Comment Author Avatar
Aku kehamilan kedua sempat kguguran kak. Memang akhirnya jadi lebih hati-hati, tapi menghindari mitos2 diaas juga hehe

Kalau tulisan ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa komen dan share ya. terima kasih !